Interest

Rasakan Liburan Virtual Lewat Menu Experience Airbnb

Delima Pangaribuan

Posted on April 10th 2020

Pandemi Covid-19 memukul telak berbagai industri, terutama bisnis travel yang otomatis kehilangan konsumennya. Orang nggak lagi bepergian ke mana pun. Ini membuat perusahaan travel experience seperti Airbnb mati suri. Tapi, mereka berusaha bertahan dengan menyesuaikan diri di tengah Covid-19 yang merebak.

Kalau urusan lain seperti sekolah, kuliah, dan kerja bisa dilakukan secara virtual. Tapi kalau liburan? bisa juga dong. Yap, itulah yang coba dilakukan Airbnb saat ini. Menghadirkan pengalaman liburan secara online. Mengutip The Verge, Airbnb mengumumkan akan memfasilitasi penggunanya merasakan liburan lewat menu Experience.
 
 
Menu Experience ini sebelumnya berfungsi memberikan informasi penawaran tur, event, maupun aktivitas menarik untuk liburan di suatu wilayah. Misal kita lagi jalan-jalan ke Jogja, menu ini bisa ngebantu kita cari tahu kira-kira ada event apa yang bisa dikunjungi atau aktivitas seru yang bisa dilakukan. Biar lburan makin berkesan.
 
Dengan adanya pandemi, otomatis fungsi itu nggak berguna untuk sementara. Airbnb kemudian mengalihkannya untuk menyediakan berbagai konten sehingga bisa dinikmati pengguna layaknya sedang liburan tanpa harus meninggalkan rumah. Mereka menjembatani supaya para pengusaha di sektor pariwisata tetap bisa dapat pemasukan lewat konten yang diakses sama pengguna Airbnb.
 
Misal nih, ada kelompok musik tradisional yang kerap tampil di tempat-tempat wisata. Mereka bisa memindah penampilannya jadi konten online dan bisa diakses sama pengguna. User jadi kayak ngerasa jalan-jalan lagi ke tempat wisata itu.
 
Airbnb juga memberlakukan ini untuk membantu berbagai usaha mitra mereka, mulai dari instruktur olahraga, chef, pengrajin handicraft, bahkan mungkin tukang jualan es krim Turki.
 
Mereka bisa bikin konten-konten yang related dengan bidang keahlian mereka dan bisa dicoba sama pengguna Airbnb di rumah. Contohnya resep bikin es krim Turki, step-step yoga yang benar di rumah, cara bikin makrame atau dreamcatcher, resep masakan ala chef hotel bintang lima, dan banyak lagi.
 
Ada pula yang bikin virtual experience seperti tur sepeda atau jalan-jalan di taman secara "online". 
 
Sebagian besar konten ini berbayar karena untuk kasih pemasukan juga buat mitra-mitra tersebut. Satu kontennya senilai maksimal USD 65 (sekitar Rp 1 juta dengan kurs sekarang). Yap, lumayan mahal juga, ya.
 
Tapi kita bisa kok cari konten-konten yang lebih murah. Airbnb juga menyediakan konten gratis hasil kerja sama dengan sejumlah organisasi masyarakat atau lembaga nonprofit. Konten-konten atau kelas-kelas online ini bisa diakses lewat aplikasi Zoom.
 
Liburan memang nggak harus berarti jalan-jalan ke tempat yang cantik atau Instagramable. Tapi bisa juga diisi dengan kegiatan-kegiatan asyik buat mengisi waktu luang. Atau menikmati pemandangan secara virtual biar nggak bosen di dalam rumah aja. Jadi, mau ngapain kamu selama "liburan" ini? (*)
Artikel Terkait
Interest
Banyuwangi Tak Melulu Kawah Ijen, 5 Destinasi ini Juga Wajib Masuk Bucketlist-mu

Interest
Rencana Berlibur ke Pantai? Jangan Lupa Pakai 6 Skincare Ramah Kantong ini!

Interest
Petugas Medis Banyak yang Diusir, AirBnB Siapkan 100 ribu Kamar Gratis