Interest

On This Date: 10 April 1912, Titanic Memulai Perjalanan Perdana Menuju Kematian

Dwiwa

Posted on April 10th 2020

 

Tragedi RMS Titanic menjadi salah satu catatan sejarah kelam dalam dunia pelayaran di dunia. Kapal mewah itu membawa lebih dari 2.200 penumpang dan ABK. Dari jumlah tersebut, hanya ada 706 nyawa yang berhasil selamat saat kapal menabrak gunung es dan tenggelam.

Tepat pada hari ini 108 tahun yang lalu, RMS Titanic memulai perjalanan pertamanya. Sebuah perjalanan yang menjadi akhir hidup bagi lebih dari seribu penumpang di atasnya. Kapal yang memiliki panjang sekitar 269 meter ini meninggalkan Southampton, Inggris untuk mulai berlayar menuju New York, Amerika Serikat.

Dikutip dari The History Press, pagi itu langit terlihat sedikit mendung dengan suhu mencapai 9 derajat celsius. Kapten RMS Titanic, Edward John Smith tiba dari rumahnya di Southampton, sementara kru yang lain telah menghabiskan malam diatas kapal.

Seluruh kru pagi itu dikumpulkan untuk diperiksa. Kapten Maurice Clark, petugas Imigrasi Perdagangan tiba untuk melihat inspeksi kru serta menyaksikan dua buah sekoci diturunkan dari sisi kanan belakang, satu-satunya latihan sekoci yang dilakukan.

Mendekati waktu keberangkatan, pemandangan di pelabuhan Berth 44 Southampton jadi terlihat semakin sibuk. Para penumpang yang baru saja tiba bergegas memasuki pintu sesuai dengan kelas yang telah mereka pesan.

Penumpang kelas tiga dilakukan pemeriksaan untuk penyakit mata trachoma, sebab orang-orang yang memiliki penyakit itu dilarang masuk ke Amerika Serikat. Lebih dari separuh penumpang kelas tiga tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa Ibu.

Tepat setelah jam 12 siang, peluit berbunyi. Para petugas kapal telah siap di pos masing-masing. Ada yang mengawasi pelepasan tambatan kapal, buritan atau bagian belakang kapal, jembatan dan gangway (alat yang digunakan untuk masuk dan keluar kapal). Dua baling-baling luar Titanic mulai berputar, kapal melaju di perairan Southampton dengan kecepatan 6 knot.

Kepergian kapal ini dari Berth 44 bukan tanpa masalah. Terjadi kebakaran batu bara kecil di salah satu bunker, sebuah kejadian yang cukup mengkhawatirkan tetapi juga tidak jarang terjadi di kapal uap kala itu. Kapten dan kepala teknisi menilai situasi masih cukup aman untuk melanjutkan perjalanan.

Tidak hanya itu saja, awal perjalanan Titanic ini juga nyaris bertabrakan dengan kapal Oceanic dan New york yang berlabuh di sampingnya. Pergerakan kapal Titanic yang memiliki ukuran sangat besar membuat kapal-kapal tersebut terhempas dan memutuskan tali tambatan kapal New York.

Akibatnya kapal tersebut terombang-ambing ke arah Titanic dan nyaris menabraknya. Kapten Smith dan Pilot George Bowyer segera menghentikan mesin demi menghindari tabrakan.

Kapal tunda (tugboat) bergegas mengamankan kapal New York. Kedua kapal ini hanya berjarak 4 kaki atau sekitar 1,2 meter sebelum akhirnya berhasil dihentikan.

Setelah kondisi dinilai aman, Titanic kembali menyalakan mesin dan melanjutkan perjalanan menuju takdir yang mengerikan. Beberapa orang menganggap jika kejadian-kejadian tersebut merupakan sebuah pertanda buruk untuk kapal yang baru berlayar untuk pertama kali.

Kejadian Titanic nyaris bertabrakan dengan New York ini membuat kapal terlambat berlabuh di Cherbourg untuk kembali menjemput penumpang. Di pelabuhan ini, banyak orang penting dan terkenal yang naik untuk ikut perjalanan Titanic.

Beberapa orang ternama yang turut dalam pelayaran Titanic adalah John Jacob Astor, Benjamin Guggenheim, William Thomas Stead, J. Bruce Ismay (salah satu pemilik Titanic), serta Cosmo Edmund Duff Gordon dan istrinya Lady Lucy Christiana Duff Gordon.

Pelayaran perdana kapal mewah Titanic ini juga sekaligus menjadi yang terakhir. Beberapa hari setelah meninggalkan pelabuhan Southampton atau tepatnya 15 April 1912, Titanic akhirnya menabrak gunung es yang membuatnya tenggelam dan menewaskan lebih dari 1500 penumpang di dalamnya.

Artikel Terkait
Interest
Hadapi Pandemi Covid-19, Begini Cara 8 Masjid Besar Dunia Beradaptasi

Entertainment
Lirik Lagu Hey Jude yang Ditulis Tangan Paul McCartney Laku 910 Ribu US Dolar

Current Issues
On This Date: 2 April 1912, Titanic Mulai Diujicobakan di Laut