Interest

4 Kelas Workout Online Gratis, Bisa Lepas Stres di Tengah Pandemi Covid-19

Insani U.J

Posted on April 10th 2020

Berhubung April sudah tanggal sepuluh tetapi kejelasan kapan kita bisa keluar rumah tanpa ketakutan coronavirus nggak tahu sampai kapan, maka olahraga sambil nontonin layar adalah jalan keluar tercepat melepas stres.

Menyadur laman Harvard Health Publishing, ternyata olahraga bisa jadi pilihan tepat buat relaksasi. Masalahnya, di saat-saat genting begini kita kudu mengurangi berkumpul di tempat publik, kalau tak mau tertular coronavirus.

Jangan khawatir. Inilah fungsi mainmain.id. Kami bakal kasih info beberapa kelas virtual gratis. Seperti dilansir dari CountryLiving, kelas ini bisa kamu ikuti cukup di depan layar TV ataupun laptop.

Tips: Cari tempat paling nyaman dulu, halaman belakang kalau cuaca cerah atau teras kalau lagi hujan. Kalau segitu malesnya keluar kamar, lantai kamar juga boleh.

1. Women's Health
Masih saudaraan sama CountryLiving, Women's Health menawarkan langkah demi langkah alias step-by-step workout bersama pelatih profesional di laman mereka. Kalau nggak mau ketinggalan jadwal siaran langsung mereka, follow saja @womenshealthmag di Instagram

2. Popsugar Fitness
Sekarang kita beralih ke kanal Youtube. Popsugar Fitness punya 500 lebih video workout menyenangkan dari para pelatih seleb sampat ahli fitness. Enaknya di sini, kamu bisa pilih berbagai tingkat latihan yang sesuai dengan kemampuanmu.

Olahraga yang disuguhkan Popsugar Fitness tak itu-itu melulu, ada low-impact cardio, pilates, dance workouts pun ada. Langsung kunjungi kanal mereka di https://www.youtube.com/user/popsugartvfit

 

3. Fitness Blender
Ini juga masih di dunia Youtube, dari yang workout buat pemula selama 90 menit saja, sampai workout yang bisa bakar 1.000 kalori. Tonton di kanal https://www.youtube.com/user/FitnessBlender/ gratis. Fitness Blender juga buka program workout dengan harga terjangkau di laman mereka https://www.fitnessblender.com/

 

4. Yoga with Adriene
Siapa bilang yoga kudu di bawah air terjun atau padang rumput di sore hari? Di bawah genting rumahmu tanpa bertemu siapa-siapa pun bisa. Itulah kenapa Yoga with Adriene hadir. Youtuber-nya bernama Adriene Mishler, yang bisa membantu kamu menyelesaikan perkara stress sampai tulang belakang yang nyut-nyutan.

 

Lantas, benarkah olahraga bisa melepas stres dan menjadikan badan rileks bukannya malah bikin capek?.

Jawabannya: benar.

Kembali ke Harvard Health Publishing, laman besutan kampus nomor wahid sedunia itu bilang kalau langkah pertama olahraga memang terlihat sulit. Tetapi hari ke hari, apalagi saat kita sudah melihat bentuk badan mulai ideal, kita bakal senang dan terbiasa berolahraga.

Sedangkan jika dilihat dari sisi olahraga memengaruhi mental, lantaran olahraga punya andil terhadap neurokimia dalam tubuh, yakni molekul organik di sistem saraf. Tubuh manusia secara alami sudah mengandung hormon pengundang stress: adrenalin dan kortisol.

Dengan olahraga, hormon ini bakal ditekan dan malah memacu endorfin. Seperti khalayak ketahui, endorfin adalah kimia di otak yang berfungsi sebagai penawar rasa sakit alami serta bisa memperbaiki suasana hati.

Gambaran struktur adrenalin

Pernyataan selaras statement dengan ADAA (Anxiety and Depression Association of America) bahwa olahraga bentuk apa pun efektif mengurangi kelelahan, meningkatkan kewaspadaan, dan konsentrasi, dan meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan.

Itulah mengapa olahraga membantu ketika stres lantaran kita sudah menghabiskan energi atau kemampuan berkonsentrasi. So, sudah siap berolahraga?(*)

 

Artikel Terkait
Interest
Yuk, Olah Raga di Rumah Sambil Nonton 5 Kanal YouTube ini!

Interest
7 Olah Raga Ringan yang Bisa Kamu Lakuin di Rumah

Lifestyle
Resistance Band untuk Work Out, Manfaatnya Banyak Lho!