Current Issues

Punya Masker N95? Begini Cara Membersihkannya

Drian Bintang

Posted on April 9th 2020

Semua masker tidak boleh digunakan berkali-kali. Utamanya masker yang tidak terbuat dari kain. Ketika terkena air, filter-filter tersebut justru membesar. Sehingga tidak bisa lagi digunakan untuk menyaring udara yang masuk. Nah, pencucian masker hanya boleh dianjurkan setidaknya untuk masker N95.

Kenapa hanya N95? Sebab hanya masker ini  yang ada penjelasannya. Ada tiga cara yang bisa diikuti untuk membersihkan masker seusai dipakai.

Cara pertama, tentu saja kalian bisa mencuci masker itu di air sabun. Langkah pertama yang harus kalian ikuti adalah untuk menyemprot masker N95 kalian dengan alkohol cair. Merata ke seluruh permukaan masker. Kemudian cuci dengan air sabun. Cuci satu per satu maskernya. Jangan bersamaan. 

Cara kedua, kalian harus mempersiapkan setidaknya empat masker N95. Sebab, setiap masker seharusnya akan bersih dengan sendirinya jika didiamkan di ruangan steril selama 72 jam, atau tiga hari. Oleh karena itu kalian harus punya masker ganti ntuk dipakai setiap hari

 

Cara ketiga, adalah dengan merebus masker di air mendidih. Cnet menjelaskan, air mendidih akan seketika membunuh virus yang menempel di masker. Jangan sampai semua bagian masker masuk ke panci rebusa. Gunakan kayu untuk menyangga agar karet masker kalian agar tidak jatuh ke rebusan air. Biarkan selama 3 menit, lalu keringkan. Masker kalian langsung bisa digunakan lagi.

Teknik terakhir mungkin juga agak ekstren. Yaitu dengan memanggang masker N95 di oven selama 30 menit di suhu 70 derajat celsius. Cara ini akan membunuh virus yang ada karena hawa panas yang ditimbulkan akan membuat masker kalian menjadi bersih kembali.(*)

Related Articles
Current Issues
Biar Aman, Terapkan Cara Berikut Saat Mendesinfeksi Masker Kain Hingga N95

Current Issues
Masker Pintar Ini Dapat Memurnikan Udara Hingga 99,9 Persen

Interest
Keren! Pemerintah Indonesia akan Produksi 16 Ribu APD Tiap Hari