Entertainment

Teori Album dan Film Barat yang Muncul di 7 Scene MV BTS

Delya Oktovie Apsari

Posted on April 9th 2020

 

ARMY nih biasanya matanya jeli. Tiap MV yang dirilis BTS, pasti langsung dianalisa teori-teorinya. Kalau referensi budaya pop di MV BTS, udah pada tahu belum?

Tanpa disadari, di beberapa MV BTS, ada referensi musik maupun film yang disisipkan. Dilansir dari Koreaboo, album maupun film Barat ini muncul di tujuh scene MV BTS.

Penasaran apa aja?

 

1. Ketika Suga berjabat tangan dengan sosok yang terbakar di MV 'FIRE'


Adegan ini pasti sangat membekas di ingatan ARMY. Soalnya, di awal MV 'FIRE', nggak ada angin nggak ada hujan, tiba-tiba Suga berjabat tangan dengan sosok yang mengenakan hoodie gelap. Lalu, sosok tersebut terbakar!

Rupanya, scene ini serupa dengan cover album Pink Floyd 'Wish You Were Here', lho. 'Wish You Were Here' adalah album studio ke-9 Pink Floyd, band rock asal Inggris yang dirilis 12 September 1975.

 

2. Cover album Pink Floyd 'Wish You Were Here' muncul lagi di “First Love” MV (WINGS #4 Short Film)

Lagi-lagi, cover album ini muncul di adegan Suga. Saat itu, Suga melempat batu ke sebuah toko musik yang di jendelanya, tampak sebuah poster cover album Pink Floyd 'Wish You Were Here'.

Menurut Schaffner dalam Saucerful of Secrets, foto cover ini diambil oleh Aubrey 'Po' Powell. Inspirasinya didapat dari ide bahwa orang-orang cenderung menutupi perasaan asli mereka, karena takut 'getting burned' alias terbakar. Maka dari itu, dua pebisnis dalam cover tersebut tampak berjabat tangan, dan salah satunya terbakar. 'Getting burned' adalah istilah umum di industri musik, biasa digunakan oleh musisi-musisi yang pembayaran royaltinya ditolak.

Melihat penjelasan di balik pembuatan cover album ini, bisa jadi 'getting burned' juga pernah dirasakan oleh Suga. Seperti yang pernah diceritakan sendiri oleh Suga, masa lalu Suga sangatlah berat. Ia menjalani kehidupan sebagai musisi yang dibayar sangat sedikit. Bisa jadi, Suga merasa relate dengan cover album 'Wish You Were Here'.

 

3. Sepeda terbakar di MV 'FIRE'

Jangan salah fokus sama keimutan Jungkook di scene ini! Kalau jeli nih, ARMY bisa melihat tulisan 'Lost River' di belakang Jungkook. Scene ini hadir ketika Jungkook kaget melihat sepeda yang terbakar dan berjalan sendiri.

'Lost River' adalah film Amerika yang dirilis tahun 2014, diproduksi serta disutradarai oleh Ryan Gosling. Filmnya bercerita tentang kehidupan Bones yang sulit secara finansial. Bones hidup bersama ibunya, Billy dan adiknya yang masih bayi, Franky.

Sepanjang teori MV BTS, Jungkook selalu digambarkan sebagai maknae yang ingin melindungi hyung-nya. Bisa jadi, Bones adalah gambaran Jungkook, yang mau melakukan apapun demi melindungi keluarganya.

 

4. Tulisan judul film 'Chatroom' di MV 'Blood, Sweat & Tears'

Judul film 'Chatroom' tampak di lantai penghubung dalam MV BTS 'Blood, Sweat & Tears'. Film thriller yang dirilis tahun 2010 ini berasal dari Inggris, dan disutradarai oleh Hideo Nakata.

 

5. Scene ketika V jatuh dari jendela

Salah satu scene yang bikin kaget di 'Blood, Sweat & Tears' adalah ketika V jatuh dari jendela. Adegan serupa ternyata juga ada di film 'Chatroom'.

 

6. Ruangan berlantai kaca di 'Blood, Sweat & Tears'


Di MV 'Blood, Sweat & Tears', ARMY pasti familiar dengan adegan di mana Suga nge-rap sambil duduk. Ia duduk di atas lantai kaca.

Scene ini juga ada di 'Chatroom', lho. Ada pula adegan ketika aktornya berhadap-hadapan, seperti Suga ketika berhadapan dengan Jimin.

 

7. Patung malaikat yang serupa 'Chatroom'

Di film 'Chatroom', sang tokoh utama ditampilkan memiliki 'sayap'. Bisa jadi, patung malaikat di MV 'Blood, Sweat & Tears' merujuk scene tersebut. 

Film 'Chatroom' mengisahkan tentang remaja depresi yang mencari teman dengan cara membuat chatroom dan mulai mengobrol dengan tiap anggotanya. Tokoh utamanya, William Collins (Aaron Johnson) adalah remaja yang depresi dan memiliki kemampuan 'mengontrol' orang lain melalui internet. Ia bahkan mendorong teman-temannya tersebut untuk melakukan hal-hal buruk, termasuk bunuh diri.

Bisa diartikan, malaikat dalam MV 'Blood, Sweat & Tears' merupakan malaikat yang jahat. Namun, Jin tidak bisa menahan dirinya dari godaan malaikat tersebut. Di scene berbeda, malaikat tersebut diungkap sebagai V, karena ia memiliki bekas sayap di punggungnya. Ekspresi V saat 'ketahuan' pun menyeringai 'jahat'.

Hmm, kira-kira ada teori apalagi ya di balik referensi album dan film barat yang digunakan BTS? (*)

Related Articles
Entertainment
6 Lagu Kunci Kesuksesan Go International BTS

Entertainment
TWICE Comeback Juni, Bareng Sama BTS?

Entertainment
Lagu 'Hold' WINNER Plagiat 'Ddaeng' BTS?