Current Issues

Google Larang Karyawannya Pakai Zoom

Drian Bintang

Posted on April 9th 2020

Apa pun dilakukan para developer penyedia layanan meeting selama working from home (WFH) agar lebih banyak yang menggunakan aplikasi mereka ketimbang buatan perusahaan lain. Google salah satunya. Mereka melarang karyawannya untuk menggunakan Zoom.

Sebenarnya, Google tidak sepenuhnya melarang karyawan untuk menggunakan Zoom. Mereka hanya diminta untuk tidak menggunakan Zoom via aplikasi yang harus di-install komputer kantor. Google tidak melarang karyawannya jika ingin menggunakan Zoom melalui handphone atau pun web di komputer kantor.

Hal ini berkaitan dengan notifikasi yang diberikan oleh divisi pengamanan jaringan mereka. Bahwa, perusahaan terancam di-hack oleh hacker-hacker tak bertanggungjawab jika terus-terusan menggunakan Zoom.

Banyak yang sudah mengetahui bahwa Zoom memiliki kelemahan dalam segi pengamanan jaringannya. Siapa saja bisa masuk ke sebuah meeting yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Dari situ, hacker tersebut bisa mengakses berbagai macam informasi. Termasuk informasi yang seharusnya tidak dipublikasikan di khalayak umum alias rahasia perusahaan.

Ini dikenal dengan istilah Zoom Bombing. Sudah banyak perusahaan-perusahaan yang memutuskan untuk tidak menggunakan Zoom lagi. Alasannya tidak lain, adalah untuk menjaga rahasia perusahaan agar tidak diketahui oleh khalayak umum.

Selain Google, Tesla menjadi salah satu perusahaan besar yang memutuskan untuk tidak menggunakan Zoom lagi ketika karyawannya sedang WFH.

Google menjelaskan jika karyawan ketahuan menggunakan aplikasi Zoom di komputer kantor, karyawan tersebut tidak akan diberi akses untuk menggunakan komputer kantor lagi. Sehingga karyawan tersebut harus menggunakan fasilitasnya sendiri untuk bekerja sehari-hari.

Google menganjurkan karyawannya untuk menggunakan produk perusahaannya sendiri untuk meeting. Seperti yang kita tahu, Google punya Meet di Google Hangout. Aplikasi itu memiliki fungsi yang hampir sama dengan Zoom.

Related Articles
Current Issues
Gunakan FaceTime untuk Meeting Kerjaan Selama WFH

Current Issues
Dua Pekan Google Dedikasikan Doodle untuk Mereka yang Berjasa Perangi Covid-19

Tech
Rapat di Google Meet Kini Bisa Sambil Presentasi Materi, Lho!