Sport

Jejak Glenn Fredly di Sepak Bola Indonesia

Mainmain.id

Posted on April 8th 2020

Glenn Fredly tak hanya dikenal karena karya-karyanya di dunia musik. Pria berdarah Maluku ini juga pernah menjejakkan kakinya di sepak bola nasonal. Bukan sebagai pemain, pelatih, atau pemilik klub. Glenn pernah membuat film tentang sepak bola berjudul 'Cahaya dari Timur: Beta Maluku'.

Film ini disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko Glenn bertindak sebagai produser sekaligus salah satu pemeran di film yang dirilis pada 19 Juni 2014 tersebut. 'Cahaya dari Timur: Beta Maluku' pernah memperoleh Piala Citra seusai terpilih sebagai film terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2014.

Film 'Cahaya dari Timur: Beta Maluku' terinspirasi dari tim sepak bola dari Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah. Film ini juga menggambarkan tentang peran sepak bola dalam mereduksi ketegangan antar pemeluk agama yang sempat terjadi di Maluku beberapa waktu lalu.

"Kami mau menggambarkan mimpi dari anak yang berjuang untuk keluar dari desanya. Dan sepak bola itu perdamaian dari kaki ke kaki. Anak adalah delegasi perdamaian," kata Glenn Fredly seperti yang dilansir Tempo pada Januari 2012 silam.

Butuh waktu dua tahun bagi Glenn dan tim produksi untuk menggarap film ini. Glenn ingin film ini membangkitkan optimisme masyarakat terhadap sepak bola Indonesia. "Kami ingin sepak bola nasional yang dicintai masyarakat ini berprestasi. Bukan menjadi ajang perseteruan kepentingan-kepentingan pihak tertentu," ucapnya seperti yang dilansir Kapanlagi pada 2014.(*)

Foto: Kapanlagi

Related Articles
Lifestyle
Sedih Karena Kepergian Idola? Wajar kok! Ini Alasan dan Tips Menghadapinya

Entertainment
Glenn Fredly Meninggal Dunia, Yuk Wujudkan Mimpinya lewat Donasi Corona

Entertainment
Deretan Artis Indonesia yang Ikut #KaraokeHandWashChallenge