Sport

FIFA: Transfer Window Mundur, Kontrak Pemain Otomatis Ikuti Jadwal Kompetisi

Kemara Gumilang

Posted on April 8th 2020

FIFA sebagai induk sepak bola di dunia kini tengah bingung menindaklanjuti penundaan sejumlah liga. Kabar terbaru dari FIFA adalah mereka tengah mengatur ulang jadwal transfer window musim panas ini. FIFA juga akan memperpanjang kontrak pemain yang habis akhir musim ini.

Kehadiran pandemi Covid-19 yang belum bisa diketahui ujungnya ini memang membuat sejumlah penyelenggara liga yakin musim 2019-2020 tak akan selesai sesuai jadwal. Dengan realitas itu, akhirnya kebijakan baru telah disetujui oleh Biro Dewan FIFA terkait kontrak pemain. Pemain yang kontraknya berakhir pada akhir Juni akan otomatis diperpanjang hingga kapan pun musim 2019-2020 berakhir.

"Sekarang semuanya sudah jelas bahwa musim ini (2019-2020) tak akan berakhir sesuai jadwal. Maka diusulkan agar kontrak diperpanjang hingga waktu musim benar-benar berakhir," ungkap FIFA.

Prinsip yang sama juga berlaku untuk kontrak pemain baru periode musim 2020-2021, yang berarti berlakunya kontrak tersebut ditunda sampai musim 2020-2021 benar-benar dimulai. Kebijakan itu diharapkan membuat operator liga fleksibel mengatur jadwal transfer window.

FIFA telah mendesak klub untuk melindungi para pemain mereka dengan cara mengikuti setiap kebijakan yang telah ditetapkan mengenai kontrak. Namun ada beberapa pertimbangan di mana klub bisa melepas pemain mereka tanpa menerapkan kebijakan baru FIFA. Seperti misalnya adanya kesepakatan antara pemain dan klub terlebih dahulu, maupun situasi ekonomi dari klub bersangkutan.

"Meskipun ini tidak akan menyelesaikan setiap masalah, tapi hal ini setidaknya akan berfungsi untuk memberikan ukuran stabilitas dan kejelasan dalam sepak bola di masa mendatang," kata Presiden FIFA Gianni Infantino.

"Kami berharap upaya kolaboratif seperti ini bisa jadi contoh bagaimana masa depan sepak bola yang harus mengedepankan persatuan, solidaritas dan semangat kompromi dalam menghadapi masa-masa sulit, yang mungkin akan terjadi di masa depan," imbuhnya.(*)

Related Articles
Sport
Ide Kreatif, Selama Pandemi Covid-19 Nonton Bola via Drive-in?

Sport
Akibat Covid-19, Tak Ada Penghargaan Pemain Terbaik FIFA Tahun Ini

Interest
Nih Daftar Festival Musik di Indonesia yang Ditunda Akibat Covid-19