Current Issues

Gunakan FaceTime untuk Meeting Kerjaan Selama WFH

Drian Bintang

Posted on April 8th 2020

Setelah sebelumnya Skype lakukan kerjasama dengan Microsoft untuk menyaingi viralnya Zoom. Kini, kalian para Apple user akan memiliki pilihan terbaru untuk meeting selama work from home (WFH) berlangsung. Caranya adalah dengan menggunakan fasilitas FaceTime yang menjadi bawaan Apple.

Syarat utamanya tentu saja, mereka yang akan diajak masuk ke meeting harus memiliki produk dari Apple. Baik iPhone, iPad, maupun Mac. Aplikasi ini, tidak bisa di-install secara manual oleh pengguna di luar Apple. Sebab, fasilitas ini hanya ada di produk-produk Apple saja. Jadi ini merupakan poin minus pertama jika kalian ingin menggunakan FaceTime untuk meeting selama WFH.

Dalam fasilitas ini, kalian bisa memasukkan hingga 32 peserta meeting. Oiya, pastikan para peserta menggunakan iPhone dengan iOS setidaknya 12.1.4 ya.

Jika tidak tahu serialnya, pastikan peserta meeting setidaknya menggunakan iPhone 6S. Untuk iPod, pastikan peserta menggunakan iPod generasi ke-7. Sedangkan untuk iPad, setidaknya harus mengguakan iPad Pro, iPad Air 2, iPad generasi ke-5, atau iPad mini 4. Jika tidak, FaceTime tetap saja tidak bisa dilangsungkan.

Jika sudah siap, kalian cukup buka FaceTime dan pilih New FaceTime. Jika sudah, kalian cukup pilih siapa saja peserta yang akan kalian pilih untuk mengikuti meeting itu. Orang yang bertindak sebagai host akan mengirim notifikasi ke setiap peserta yang masih belum online. Dengan memberikan chat notifikasi untuk masuk ke dalam FaceTime.

Hal yang sama juga bisa dilakukan oleh pengguna Mac, alias komputer yang diluncurkan oleh Apple. Kalian cukup masuk ke aplikasi FaceTime, dan pilih orang-orang yang akan diikutsertakan ke dalam meeting.

Masukan nama (jika sudah ada di kontak sebelumnya), nomor handphone, atau alamat email mereka. Bagi mereka yang diundang, mereka cukup sentuh notifikasi yang muncul di pojok kanan bawah Mac, dan langsung mengikuti meeting.

Kelebihan bagi pengguna FaceTime adalah, kalian jadi bisa julid lebih leluasa di sini. Karena hanya terbatas ke pengguna Apple saja, jadi kalian bisa meng-execlude orang-orang yang tidak memiliki Apple yang mungkin berada di luar circle kalian.

Terlebih lagi, karena jumlah penggunanya hanya beberapa. Menggunakan FaceTime untuk meeting terlihat lebih eksklusif. Apalagi, jika kalian mau screenshot dan jadikan bahan buat konten di sosial media. Lumayan lah, buat pansos tipis-tipis, hehe.

Related Articles
Tech
Masuki Industri Gaming, Apple Mulai "Sisihkan" Pesaingnya di App Store

Tech
10 Hal Ini Bisa Bikin iPad atau iPhone Lawas Kamu Jadi Lebih Bermanfaat

Tech
Apple Luncurkan Preview iOS dan iPadOS 14, ini Fitur Terbarunya