Current Issues

Punya Masker Kain di Rumah? Begini Cara Disinfeksi Dengan Benar

Dwiwa

Posted on April 8th 2020

Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan agar semua masyarakat mengenakan masker saat ke luar rumah sebagai bagian dari perang melawan corona virus disease 2019 (Covid-19). Masker yang dianjurkan bukan masker medis atau N95, melainkan masker kain yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Penggunaan masker kain bagi masyarakat umum dimaksudkan agar masker medis dan N95 lebih diprioritaskan untuk orang-orang di garda depan dan pasien positif Covid-19. Tapi kemudian muncul pertanyaan, bagaimana cara membuat masker ini tetap steril dan aman digunakan.

Dikutip dari Hunker, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita menggunakan masker buatan sendiri. Mulai dari cara melepas masker, cara mencuci secara manual hingga menggunakan mesin cuci.

Melepas Masker

“Tujuan menggunakan masker ada dua, yakni mencegah seseorang menyebarkan patogen (kuman) ke orang lain dan mencegah seseorang tertular patogen,” ujar dokter Tobi Schmidt, seorang pakar kesehatan.

Sesuai dengan prinsip ini, cara melepaskan masker dari wajah harus dilakukan secara hati-hati agar kuman yang mungkin menempel tidak menyebar.Termasuk tidak menyentuh wajah secara langsung saat melepas masker atau penutup wajah yang lain.

Menurut Tobi, sebelum melepas masker, alat pelindung diri yang lain termasuk sarung tangan harus sudah dicopot terlebih dahulu. Kalian juga harus mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah memegang masker.

Ahli kesehatan lain, dokter Shan Soe Lin yang menyelesaikan master di bidang Kesehatan Masyarakat di Harvard School of Public Health menyebut jika cara paling aman saat melepas masker adalah dengan menyentuh bagian tali, bukan bagian depan.

“Saat kalian mencoba membenarkan letak masker, berhati-hatilah jangan menyentuh bagian depan masker ke wajah. Ini akan menggagalkan tujuan dari penggunaan masker,” ujarnya. Dia juga menegaskan jika tidak perlu menggunakan sarung tangan untuk melepas masker.

Ahli mikrobiologi Jason Tetro, penulis The Germ Code, menekankan jika kalian harus selalu mencuci tangan dengan sabun dan air setelah memegang masker. Hand sanitizer boleh digunakan hanya jika air dan sabun tidak tersedia.

Membersihkan Masker dengan Mesin Cuci

Dokter Shan bercerita jika dirinya sering mencuci masker di malam hari dengan mesin cuci yang juga memiliki pengering. Agar tali elastis tidak rusak, masker dimasukkan ke dalam wadah khusus. “Saya mencucinya dengan suhu panas, kemudian mengeringkannya dengan suhu paling panas sehingga siap digunakan esok paginya,” ujarnya.

Dia pun menegaskan agar masker hanya digunakan satu kali saja sebelum dicuci. Sebab, menggunakan masker kotor berulang kali membuat risiko kontaminasi jadi lebih besar. “Tapi aku menyadari jika beberapa orang mungkin hanya punya satu masker, jadi lakukanlah sebaik yang kalian bisa,” tambahnya.

Cara serupa juga berlaku untuk penutup wajah lain seperti bandana atau syal. Hal yang harus diperhatikan bagi yang memakai syal adalah memastikan bagian luar selalu di luar. Jangan sampai terbalik. Sekali lagi, cara terbaik untuk menjaga kebersihannya adalah dengan mencucinya sesering mungkin.

Mencuci Masker Tanpa Mesin Cuci

Bagi yang tidak memiliki mesin cuci, tidak perlu khawatir. Masker kalian tetap bisa dibersihkan hingga aman untuk digunakan lagi. “Kalian bisa mengisi bak cuci dengan air yang panas, tambahkan sedikit deterjen, dan biarkan dalam rendaman selama lima menit,” ujar Jason.

Dia menambahkan jika tidak perlu menambahkan cuka untuk disinfeksi masker. Meskipun disebut sebagai salah satu cairan disinfektan, otoritas kesehatan tidak menyarankannya untuk digunakan dalam mencegah penyebaran virus Corona.

 

Semua cara diatas sesuai dengan pedoman resmi yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) untuk melepas dan membersihkan masker. Hal yang harus diingat adalah masker kain ini tidak boleh dipasangkan pada anak-anak di bawah 2 tahun, orang-orang yang mengalami kesulitan bernafas, atau tidak sadar, lumpuh, atau orang yang tidak dapat melepas masker tanpa bantuan.

 

Artikel Terkait
Current Issues
Jangan Pegang Bagian Depan Masker! Ini Alasannya

Current Issues
Kacamata Berkabut saat Menggunakan Masker? Trik Ini Layak Dicoba

Current Issues
Direktur CDC: Semua Pakai Masker Selama 12 Minggu, Pandemi Bisa Dikendalikan