Interest

Jurnalis Sedang di Garda Terdepan Covid-19, Pengumuman Pemenang Pulitzer Ditunda

Ahmad Redho Nugraha

Posted on April 8th 2020

Dewan Pengurus The Pulitzer Prize mengumumkan pada Selasa (07/04) kemarin bahwa pengumuman pemenang Penghargaan Pulitzer tahun ini akan tertunda karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Penghargaan Pulitzer untuk bidang jurnalisme dan seni yang seharusnya diumumkan 20 April mendatang, dimundurkan jadwalnya menjadi 4 Mei.

Dana Canedy, salah satu penyelenggara Penghargaan Pulitzer menyatakan bahwa sebagian dewan pengurus adalah para jurnalis yang selama ini terjun ke garda terdepan dalam memberitakan pandemi Covid-19. “Sementara mereka berfokus dalam misi penting mereka, penundaan pengumuman ini juga akan dimanfaatkan pengurus lainnya untuk mengevaluasi para finalis Pulitzer 2020,” terangnya.

“Momen ini turut menandai betapa vitalnya peran jurnalis bagi publik. Ini juga mendemonstrasikan bahwa sastra dan seni berperan dalam menyokong dan memperkuat semangat hidup manusia dalam masa-masa yang kritis. Penghargaan Pulitzer akan terus diselenggarakan demi memperingati keunggulan tersebut.”

Tradisi makan siang bersama tahunan para pemenang Penghargaan Pulitzer, yang biasanya diselenggarakan di Universitas Columbia pada Bulan Mei juga akan tertunda. Tanggal penyelenggarannya akan diumumkan nanti.

Penghargaan Pulitzer di bidang jurnalisme pertama kali diselenggarakan pada tahun 1917, dan hingga kini dikenal sebagai salah satu penghargaan paling prestisius di Amerika Serikat.(*)

Artikel Terkait
Interest
Coronavirus Lumpuhkan Industri Otomotif Dunia

Interest
Remaja di Washington, D.C. Bisa Dapat AirPods Gratis Jika Mau Divaksin

Interest
Aplikasi PeduliLindungi Dituduh Langgar HAM, Bener Nggak Sih?