Interest

Amankan Tontonanmu, Kini Netflix Sediakan Fitur Baru PIN

Delima Pangaribuan

Posted on April 8th 2020

Netflix ngasih penggunanya kemudahan dengan menyediakan 4-5 akun users dalam satu akun. Tapi, kemudahan ini ternyata juga ada risikonya lho. Teman satu akun kamu jadi bisa iseng buka-buka akun individumu dan mengutak-atik daftar tontonanmu. Atau masuk tanpa sengaja. Buat orang tua yang berbagi Netflix Kids sama anaknya, bisa jadi anaknya nggak sengaja masuk ke akun individu orang tuanya.

(How-to Geek)
Nah, Netflix mencoba buat mengatasi masalah tersebut. Melansir Tech Crunch, mereka baru saja menyediakan fitur anyar untuk aplikasi ini. Yakni, pengguna bisa memasang PIN khusus di akun individu masing-masing. Jadi, meskipun sharing, PIN ini tetap bisa mengamankan akun nontonmu dari teman lainnya. Fitur penggunaan PIN untuk mengunci profil akun individu ini bisa mulai dipakai hari ini (8/4).
 
Fitur ini dibuat untuk memutakhirkan juga fungsi kontrol orang tua terhadap anaknya. Memang sih di Netflix Kids tontonannya ramah anak, tapi kan orang tua juga bebas memilih tontonan yang nggak pantas dikonsumsi anak-anaknya. 

 
Selain fitur PIN, Netflix juga memperbarui aplikasi dengan beberapa kemudahan lain yang mendukung sistem pengawasan orang tua tersebut. Pertama, ada penyaringan judul. Fitur ini menyesuaikan rekomendasi tontonan dengan rating usia di negara masing-masing.
 
Fitur tersebut berguna untuk anak-anak usia sekolah yang sharing akun dengan orang tua, yang ingin mengeksplorasi tontonan lain selain for kids tapi tetap aman dan sesuai usia.
 

Kemudian ada fitur menonaktifkan auto play. Orang tua bisa memasang setting agar auto play mati di akun individu anak. Tujuannya supaya orang tua juga bisa menahan anaknya untuk nggak terlalu lama menonton alias binge watching. Kalau auto play dibiarkan menyala, bisa-bisa kita yang nonton jadi lupa waktu dan ingin melanjutkan satu episode lagi, satu episode lagi... Nggak selesai-selesai!
 
Terakhir ada fitur blokir judul tertentu. Barangkali kalian yang masih sekolah dan pengguna Netflix bakal dipasangin Netflix Kids sama orang tua. Memang jadi aman sih, tapi ya masa nonton kartun anak-anak banget?
 
Nah, kalau ingin menghindari judul-judul serial tertentu yang menurut kalian nggak banget, setting aja akun individumu supaya bisa memblokir judul-judul tertentu. Biar nggak muncul di rekomendasi atau pencarian.
 
Penambahan fitur-fitur ini sendiri termasuk sederhana dan basic banget. Tapi Netflix merasa perlu karena belakangan tingkat penggunaan layanan streaming meningkat tajam seiring dengan kebijakan buat karantina mandiri dan physical distancing di rumah masing-masing. Kecenderungan orang buat nonton di aplikasi pun bertambah. (*)
Related Articles
Interest
Disney+ Layanan Streaming Calon Pesaing Netflix

Interest
Kebangkitan Situs Streaming di Tengah Pandemi Coronavirus

Current Issues
Mengenal Binge Watching, Kebiasaan Marathon TV Series Bikin Tak Ingin Berhenti