Current Issues

On This Date: 7 April 1906, Animasi Pertama Dibuat Seorang Kartunis-Jurnalis

Mainmain.id

Posted on April 7th 2020

Siapa yang suka lihat film animasi? Pasti banyak yang masih senang menikmati film animasi kan? Nah, kalian tahu gak kalau tepat tanggal ini 114 tahun yang lalu atau 7 April 1906, sebuah film animasi pertama diperkenalkan ke publik. Animasi itu berupa film pendek dengan judul Humorous Phases of Funny Faces.

Film itu dibuat oleh J. Stuart Blackton, jauh sebelum manusia mengenal teknologi gambar bergerak. Blackton merupakan seorang kartunis surat kabar. Ia membuat Humorous Phases of Funny Faces dengan teknik stop motion. Ia membuat dasar animasi di papan tulis lalu memfilmkannya.

Di zaman itu film ini sudah sangat menghibur. Gerakannya sih sangat sederhana. Menggambarkan seorang pria bertopi menghembuskan asap cerutu ke wajah seorang perempuan. Lalu ada badut menari-nari.

Selain seorang kartunis, Blackton juga dikenal seorang jurnalis. Pada 1896, ia ditugaskan meliput penemuan baru Thomas Edison tentang Vitascope. Sebuah awal teknologi proyektor film.

Ketika Edison menjual temuannya itu ke publik, Blackton termasuk pembelinya. Ia lantas mengajak temannya Albert Smith untuk mendirikan studio film pertama, American Vitagraph Company. Perusahaan ini akhirnya dikenal karena membuat beberapa film adaptasi termasuk Shakespeare dan Charles Dickens.

Teknik film animasi sendiri terus berkembang setelah dikenalkan oleh Blackton. Pada 1914 Earl Hurd menemukan teknik baru dalam membuat film kartun. Teknik ini disebut cell animation.

Teknik ini memisahkan gambar latar belakang diam dengan gambar yang bergerak. Bagian yang bergerak ini digambar di atas seluloida transparan. Nantinya, pada saat pengambilan gambar, pembuat hanya perlu menumpangkan bagian yang bergerak itu di atas gambar latar belakangnya.

Dengan teknik ini animator hanya perlu membuat bagian yang bergerak saja. Sementara gambar latar belakangnya cukup dibuat satu kali. Teknik ini menjadi teknik yang banyak digunakan untuk membuat film animasi sampai abad ke-20.

Setelah itulah film animasi bermunculan dengan berbagai teknik. Pada 1928, seorang lelaki bernama Walt Disney menjadi animator pertama yang memadukan animasi dan suara lewat film berjudul “Steamboat Willie”.

Film tersebut melahirkan tokoh yang sangat populer sampai saat ini, yaitu Mickey Mouse. Di film itu, pengisi suara Mickey Mouse dan pasangannya, Minnie Mouse, adalah Walt Disney sendiri.

Selanjutnya, film animasi semakin berkembang dan melahirkan berbagai tokoh-tokoh yang populer hingga saat ini. Sebut saja Donald Duck, Tom & Jerry, Bugs Bunny, Sylvester & Tweety, dan juga tokoh-tokoh klasik Disney (Snow White, Cinderella, Pinocchio, dan lain-lain).

Seiring berkembangnya teknologi, mulailah digunakan teknologi komputer grafis dalam pembuatan film animasi. Teknologi yang biasa disebut CGI (Computer-Generated Images) ini mulai diterapkan sebagai efek pada film dalam Tron pada 1982.

Tetapi baru 1995, film animasi dengan teknologi CGI dibuat. Film itu menjadi awal film-film animasi lain yang dibuat dengan teknologi komputer tiga dimensi. Tahukah kalian film animasi 3D pertama? Jawabnya: Toy Story.(*)

Related Articles
Entertainment
Fakta-fakta Film Animasi Indonesia 'Riki Rhino'!

Entertainment
Penulis Skenario Bocorkan Disney Akan Produksi Live Action "Hercules"

Entertainment
Uji Coba Instagram Luncurkan Animasi Stiker untuk Selfie