Entertainment

Alasan Pengamat Yakin BTS Bakal Masuk Nominasi Grammy Tahun Depan

Delima Pangaribuan

Posted on April 7th 2020

 

 
Dua kali sudah BTS menyambangi Grammy Awards di Amerika Serikat. Pertama cuma jadi undangan dan pembaca nominasi, kedua kali mereka udah dipercaya buat tampil di panggung meski sebagai featuring artist. Nah, kali ini pengamat musik memprediksi kalau BTS bakal bisa kembali ke Grammy dengan masuk ke dalam satu satu nominasi.
 
Mengutip Koreaboo, prediksi tersebut dirilis sama Gold Derby hari Minggu kemarin (5/4). Album Map of the Soul: 7 masuk dalam jajaran prediksi album yang akan bersaing di kategori Album of the Year Grammy Award. Meskipun Grammy masih diadakan tahun 2021 nanti, tapi menurut mereka album ini tetap bisa masuk, kok.
 

Persyaratannya buat masuk kategori nominasi Album of the Year adalah tanggal rilis antara 1 September 2019 sampai 31 Agustus 2020. Album Map of the Soul: 7 yang dirilis 21 Februari 2020 jelas memenuhi persyaratan banget soal waktu. 
 
Prediksi Gold Derby ini nggak hanya bahwa BTS bakal masuk nominasi aja. Mereka membagi artis-artis yang muncul di prediksi ke dalam tiga kategori. Pesaing terkemuka, pesaing kuat, dan calon pesaing. Nah, album terbaru BTS ini menurut Gold Derby masuk kategori pesaing terkemuka alias digadang-gadang banget bakal masuk nominasi.
 
Grammy sendiri punya empat kategori nominasi yang paling prestisius dan didamba-dambakan banyak musisi. Yakni Album of the Year, Record of the Year, Song of the Year, dan Best New Artist.
 

Tadinya untuk masing-masing kategori ini ada lima nominasi saja. Tapi mulai 2019, Grammy menambahnya jadi delapan nominasi karena tuntutan publik yang mengkritik bahwa lima terlalu sedikit dan artisnya kurang beragam.
 
BTS menjadi artis KPop pertama yang pernah tampil di Grammy Awards. Mereka membawakan lagu kolaborasi antara Lil Nas X dan RM berjudul Old Town Road. Meski nggak membawakan lagu BTS sendiri, penampilan BTS ini tetap mendapat sorotan dan dinanti-nanti para fans. 
 
Dalam salah satu kesempatan wawancara, Suga sempat mengutarakan keinginannya supaya BTS bisa masuk nominasi Grammy tahun depan. RM juga ingin bisa perform lagu grup mereka sendiri di Grammy pada kesempatan berikutnya. 
 
Fans pun menunggu-nunggu apakah keinginan BTS itu dan prediksi Gold Derby ini bisa jadi kenyataan. Kalau memang BTS masuk nominasi, bisa dibayangkan gimana gercepnya ARMY buat kasih dukungan dan membanjiri voting. Selama beberapa waktu ini juga, ARMY kerap ngadain project buat streaming bareng yang juga bisa berpengaruh ke penilaian tangga lagu internasional. 
 
Selain BTS, beberapa nama lain yang diprediksi Gold Derby antara lain ada Justin Bieber, The Weeknd, Post Malone, Lady Gaga, Dua Lipa, Halsey, Camilla Cabello, dan beberapa lainnya. Nama-nama ini dipilih karena produktivitas mereka selama kurun waktu September 2019 itu hingga kini, dan masih ada waktu lagi sampai empat bulan ke depan. (*)
Related Articles
Entertainment
Lagu BTS Mana yang Cocok Sama Zodiakmu?

Entertainment
Coronavirus Serbu Amerika Serikat, 'Map of the Soul: 7 Tour' BTS Terancam Batal

Entertainment
7 Fakta yang Ditemukan ARMY di V-LIVE Comeback BTS 'Bo-Ra-Hae'