Interest

Cara Membuat Masker Kain Tanpa Jahit ala Influencer Brittany Xavier

Delya Oktovie Apsari

Posted on April 6th 2020

 

Influencer Brittany Xavier bikin heboh Instagram maupun TikTok, gara-gara mengunggah tutorial cara membuat masker kain tanpa perlu dijahit.

Bahan-bahannya pun sangat sederhana dan mudah dilakukan. Psstt, Mainmain sudah mencobanya dan berhasil, lho!

DIY masker kain ini bisa kamu coba, mengingat mulai Minggu (5/4), pemerintah mewajibkan masyarakat untuk mengenakan masker kain jika beraktivitas di luar rumah, sesuai imbauan World Health Organization (WHO).

"Semua harus menggunakan masker. Masker bedah dan masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Gunakan masker kain, Ini menjadi penting karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala didapatkan di luar," ujar Achmad Yurianto, juru bicara pemerintah untuk penanganan corona COVID-19, seperti dikutip CNBC.

 

 

Brittany menulis di caption-nya, ia membuat tutorial ini dengan harapan masyarakat bisa membuat masker kain sendiri dan tidak membeli masker medis.

"Kalau kalian pergi ke supermarket, atau perlu berada di ruang publik di mana kamu nggak bisa (menjaga jarak) 6 feet dari orang lain, pakai ini. Ini nggak perlu dipakai kalau kamu lagi social distancing." Tulis Brittany.

Dalam caption yang ia tambahkan di dalam video, Brittany menyebut bila kita memiliki masker medis di rumah, lebih baik didonasikan saja kepada petugas kesehatan.

Bahan-bahan yang digunakan Brittany adalah satu lembar kain slayer dan dua buah ikat rambut. Ukuran kain slayer yang Mainmain gunakan 20 x 20 sentimeter. Untuk anak-anak, bisa menggunakan ukuran kain yang lebih kecil lagi.

 

Bahan-bahan yang digunakan Brittany.

 

1. Lipat kain slayer, tumpuk sisi atas dan bawahnya. Tips: jika ingin ukuran masker lebih kecil, ketika di tahap melipat pertama ini, lipat sedikit ke atas lagi.

 

 

2. Balik kain yang sudah dilipat, masukkan ikat rambut di kedua sisi kanan dan kiri hingga membentuk seperti permen.

 

 

3. Balik lagi kainnya, cek lubang di bagian tengah (yang dibuat dari lipatan pertama) Tips: Bila ingin masker memfilter virus dengan maksimal, kamu bisa menambahkan tisu kering di dalam lubang tersebut sebelum melanjutkan tahap ke-4. Tisu kasar layaknya tisu dapur sangat disarankan.

4. Masukkan sisa kain ke dalam lubang tersebut. Sisip-sisipkan supaya tidak mudah lepas. Yang rapi ya! Proses ini sangat menentukan hasil akhir kerapian maskermu.

 

 

5. Balik kain, cek kekuatannya dengan menarik kedua ikat rambut. Tapi jangan keras-keras! Nanti malah berantakan, hehehe.

 

 

6. Masker siap dikenakan!

Hasil akhir masker memang rasanya lebih tebal dibanding masker medis maupun masker kain yang sudah dijahit. Tetapi, mengingat harga masker kain semakin melambung, nggak ada salahnya untuk mempraktikkan DIY ini. Praktis, kamu hanya perlu mengumpulkan kain di rumah dan mencoba-coba sendiri trik dari Brittany.

Oh iya, tutorial ini nggak hanya berlaku untuk slayer, lho. Kamu juga bisa menerapkannya pada bahan-bahan kain lainnya.

 

 

Kalau masih bingung, kamu bisa tonton video Brittany di sini. Selamat mencoba! (*)

Related Articles
Interest
Cara Membuat Masker Kain dari Kaus Tanpa Jahit, Gampang Banget!

Current Issues
Meski Pakai Masker, Jangan Lantas Abaikan Social Distancing. Ini Alasannya

Interest
Cara Membuat Masker Kain Tanpa Jahit ala CDC Amerika: Cuma Butuh Waktu 30 Detik!