Current Issues

6 Prediksi tentang Coronavirus yang Bisa Kita Temukan di Budaya Pop

Delima Pangaribuan

Posted on April 6th 2020

Kejadian merebaknya Covid-19 hingga menjadi pandemi di seluruh dunia mengagetkan miliaran manusia. Tapi, melansir The Independent, sebagian orang menilai bahwa sebenarnya kejadian ini sudah bisa diprediksi sejak bertahun-tahun lalu. Tidak hanya oleh ilmuwan atau pakar, tapi juga bisa kita temukan di produk-produk budaya pop kayak film, serial TV, atau buku.

 
Memang nggak memprediksi secara tepat 100 persen. Tapi munculnya diksi-diksi atau nama-nama tempat yang merujuk ke kota yang kita tahu sebagai episentrum, hingga penyebutan tahun 2020 bikin prediksi-prediksi pop culture ini pun jadi perbincangan warganet. Mungkin juga ada yang udah kamu tonton salah satunya. 
 
1. Novel "The Eyes of Darkness"
(Vantage Indonesia)

Novel yang ditulis oleh Dean Knootz ini terbit tahun 1981. Bercerita tentang seorang ibu yang berduka atas kematian anaknya yang misterius. Anaknya ini diduga meninggal karena virus bernama Wuhan-400. Salah satu tokoh juga sempat bilang virus yang berasal dari Wuhan itu merupakan senjata biologis yang sempurna buat perang.
 
2. The Simpsons
(Hai)
Serial kartun ini kerap jadi rujukan orang-orang saat ada kejadian besar, karena seperti sering banget memprediksi sesuatu meski nggak 100 persen tepat. Pada salah satu episodenya tahun 1993, berjudul Marge in Chain, The Simpsons menggambarkan pandemi global bernama Osaka Flu. Meski nama kotanya beda jauh, tapi kondisi pandemi itu kurang lebih seperti apa yang kita lihat dan alami sekarang.

 
3. Tangled
(Metro UK)
Film Disney dengan Rapunzel si rambut panjang sebagai tokoh centernya. Rapunzel diceritakan tinggal di sebuah menara dalam keadaan terisolasi. Dan berdasarkan cerita klasiknya, wilayah tempat Rapunzel tinggal untuk mengkarantina diri itu adalah Kerajaan Corona. 
 
4. The Big Bang Theory dan Young  Sheldon
(New York Times)
Pada salah satu episode The Big Bang Theory, salah satu tokohnya yakni Sheldon berusaha menghindarisebuah virus mematikan. Dia dirawat di rumah sakit dan dikarantina selama dua minggu.
 
Sheldon sudah memprediksi hal tersebut di prekuelnya, Young Sheldon, di mana dia terlihat sedang nonton TV dan membaca koran sambil memakai masker. Di berita yang dia baca dan tonton disebutkan kalau sedang ada wabah virus yang berasal dari Tiongkok.
 
5. End of Days: Predictions and Prophecies About the End of the World
(Iharare)
Buku karya Sylvia Browne ini terbit tahun 2008. Penerbit mengklaim penjualannya meningkat belakangan karena ternyata pembaca menemukan ada prediksi soal pandemi di dalamnya. Dalam buku itu disebutkan kalau bakal ada pandemi global yang terjadi tahun 2020. Pandemi serupa pneumonia itu bakal menyerang paru-paru dan nggak mempan diatasi dengan pengobatan yang sudah ada.
 
6. My Secret Terrius
Atau dikenal juga dengan judul Terrius Behind Me, ini dianggap sebagai serial yang paling mendekati akurat memprediksi Covid-19. Drama Korea yang tayang di Netflix ini menampilkan adegan percakapan tentang virus mematikan di episode 10.
 
Dokter dalam adegan itu bilang kalau coronavirus akan menyerang sistem pernafasan dan yang lebih menakutkan adalah dia punya masa inkubasi hingga 2 minggu. Sangat amat sesuai dengan karakteristik Covid-19 yang kita tahu sekarang. (*)
Artikel Terkait
Entertainment
Disney+ Garap Series 'Daredevil’

Entertainment
Disney+ Tayangkan Film Terbaru Star Wars Dua Bulan Lebih Awal

Interest
Disney+ Layanan Streaming Calon Pesaing Netflix