Interest

7 Tanaman Hias Dalam Ruangan ini Bakal Bikin Rumahmu Makin Cantik

Manfaatkan waktu social distancing untuk 'berkebun'!

Delya Oktovie Apsari

Posted on April 5th 2020

Tanaman hias dalam ruangan. (Curbed)

 

Selama social distancing, kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Supaya nggak makin stress, Mainmain punya tips jitu nih: hias rumah pakai tanaman!

"Eh, tapi tanaman kalau ditaruh di dalam ruangan kan cepet mati?" Tenang, kalau tanaman-tanaman hias yang ini, justru nggak boleh sering-sering disiram dan sebagian besar nggak boleh kena sinar matahari langsung.

Penasaran apa aja? Scroll terus buat cari tanaman hias dalam ruangan yang cocok untukmu!

 

1. Anthurium

(Pinterest)

 

Anthurium punya banyak jenis daun dan bunga. Salah satu jenis bunganya adalah Anthurium andraeanum. Bunga cantik ini punya banyak varian warna, dan bisa kamu beli versi kecilnya.

Dilansir dari Rukita, merawat anthurium nggak susah, kok. Kamu bisa menyiramnya sekali dalam sehari. Tetapi, jangan sampai menggenang di pot ya airnya! Nanti tanaman bisa busuk.

Konon, tanaman ini dulu sering jadi hiasan taman dan istana kerajaan Jawa, lho!

 

2. Lidah mertua

(Pinterest)


Tanaman satu ini juga dikenal sebagai sansevieria. Dia cocok banget buat ditanam di dalam rumah karena hanya butuh sedikit sekali air dan cahaya matahari.

Manfaat lidah mertua juga banyak. Ia bisa menyerap bahan beracun seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

Motif serta pilihan warnanya beragam, mulai dari hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, kombinasi putih-kuning dan hijau kuning.

 

3. Baby toes

(Reddit)

 

Baby toes tumbuh baik di tanah kering, karena ia merupakan tanaman sukulen. Sama seperti tanaman sukulen lainnya, Baby toes sebaiknya tidak disiram sering-sering. Cukup satu sampai dua kali dalam seminggu.

 

4. Chinese money

(World of Succulents)

 

Namanya unik, ya? Pilea peperomioides ini punya nama lain Chinese money, karena bentuknya yang dianggap mirip uang koin Tiongkok. Chinese money sangat ideal ditanam di dalam ruangan karena perawatannya mudah dan ia tumbuh subuh di suhu yang konstan serta lembab. Jadi Chinese money juga cocok dijadikan terarium.

 

5. Kaktus kubis

(Waterfront Properties)

 

Kaktus kubis yang memiliki nama ilmiah Echeveria glauca ini bentuknya mirip bunga. Ia memiliki daun berdaging dan mengandung banyak air. Penyiraman bisa dilakukan dua minggu sekali. Gunakan pot yang bagian bawahnya berlubang.

 

6. Jade plant

 

Jade plant dikenal sebagai tanaman hias berumur panjang. Merawatnya juga mudah karena kamu tidak perlu sering-sering menyiraminya. Kamu hanya perlu membersihkan daunnya dari debu secara lembut, supaya ia bisa menyerap sinar matahari dari dalam rumah dengan lebih baik.

 

7. Lidah buaya

(Pinterest)

 

Selain cantik dan mudah dirawat, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat, lho! Di antaranya adalah penyembuhan luka bakar, mengatasi iritasi kulit hingga mengandung antioksidan serta nutrisi bagi kulit.

Cara merawatnya, kamu bisa menempatkannya di bagian-bagian rumah yang terpapar sinar matahari, seperti di pinggir jendela. Untuk menyiram, kamu bisa melakukannya seminggu sekali.

Dalam sekali menyiram, gunakan banyak air sampai air keluar dari lubang bawah pot. Setelah itu nggak perlu disiram lagi. (*)

Artikel Terkait
Interest
Selain Cantik, 7 Tanaman Hias Ini Punya Manfaat Baik Diletakkan di Kamar Tidur

Interest
Gabut Selama #dirumahaja? Saatnya Menyelami 5 Hobi Baru Ini!

Interest
Cuma #DiRumahAja, Perlu Nggak sih Pakai Sunscreen?