Interest

Niantic Bikin Ngegame Pokemon Go Tetap Asyik di Masa Self-quarantine

Ahmad Redho Nugraha

Posted on April 5th 2020

Dalam kondisi banyak negara melakukan lockdown dan mengharuskan warganya melakukan aktivitas di rumah, tentu permainan seperti Pokemon Go kurang asyik dimainkan. Sebab, permainan yang ada di platform Android dan iOS ini kan memang punya gameplay yang unik. Memadukan tampilan game di layar gawai dengan aktivitas pemain yang ada di dunia nyata. Bahkan mengajak para pemain aktif bergerak berburu Pokemon.

Nah, di tengah pandemi Covid-19 di mana orang harus melakukan self-quarantine seperti saat ini, Niantic pengembang Pokemon Go punya strategi baru. Strategi agar para pemain Pokemon Go tetap merasa asyik memainkan game ini. 

Salah satu yang dilakukan Niantic adalah mempermurah harga beberapa item di Pokemon Go. Kini, satu Poke Coin dapat digunakan untuk membeli beberapa poke balls dan master balls. Ini tentu saja membuat para pemain dapat menangkap Pokemon tanpa harus berjalan kaki di sekitar Poke Stops terdekat.

Selain itu, satu Poke Coin juga dapat dipakai untuk membeli 30 incense, yaitu item yang digunakan untuk memancing keluar pokemon liar di dalam game, sehingga pemain dapat memancing pokemon liar keluar tanpa perlu pergi jauh-jauh dari rumah kalian.

Namun beberapa fitur lainnya, seperti raid dan gym battle tentu saja tidak bisa diakses hanya dari rumah. Selain itu Event Community Day juga ditiadakan untuk sementara waktu karena pandemi Covid-19. Tapi Niantic menjanjikan akan mengembangkan solusi baru, agar para pemain dapat tetap menikmati game ini sebagaimana sebelumnya.

Sejak dirilis pada 2016, Pokemon Go memang langsung booming. Orang di mana-mana memainkan game ini. Gak cuma anak muda, tapi juga orang tua. Sampai-sampai beberapa instansi melarang orang untuk memainkan game ini di lingkungan sekitar mereka. Salah satu kekhawatirannya saat itu adalah bocornya sejumlah lokasi rahasia milik instansi tersebut.

Ya begitulah memang permainan Pokemon Go. Game ini menutut para pemain berjalan (atau berpindah-pindah tempat) di dunia nyata untuk dapat menemukan Pokemon liar.

Seiring dengan waktu, Niantic terus menambahkan fitur-fitur baru yang membuat gameplay-nya makin kece. Contohnya, variasi pokemon yang dulunya hanya meliputi 151 pokemon dari generasi pertama. Kini diperbanyakan lagi atau lebih tepatnya seluruh pokemon dari generasi pertama hingga delapan kini bisa ditemukan dan ditangkap di Pokemon Go.

Fitur lainnya yang menarik adalah item ekstra yang diperlukan untuk mengevolusikan beberapa jenis Pokemon. Juga varian jenis berry yang semakin beragam. Selain itu, game yang awalnya terkesan solo-playing ini kini menyediakan fitur pertemanan virtual, di mana para pemain bukan hanya bisa bertukar gift box, tapi juga Pokemon!

Fitur ini tentu saja salah satu yang paling ditunggu para fans game Pokemon di seluruh dunia. Sebab, game original Pokemon memang menyediakan fitur pokemon trading. Semakin erat level pertemanan seseorang di game ini, semakin tinggi stats awal Pokemon yang mereka peroleh lewat pertukaran. Fitur ini juga mempermudah kalian melengkapi Pokedex, karena ada begitu banyak Pokemon langka yang sulit sekali didapatkan di dalam game.(*)

 

Related Articles
Interest
Jokowi Masih Enggan Lockdown, Sejumlah Wilayah Pilih Tutup Akses Mandiri

Interest
Angka Kematian Coronavirus di Vietnam Nol, Ini 4 Rahasianya

Interest
Lockdown, Warga Italia Saling Menguatkan dengan Bernyanyi Bersama dari Balkon