Interest

Sebelum Datang Pandemi, 2 Serial di Netflix Ini Sudah Bahas Soal Coronavirus

Drian Bintang

Posted on April 5th 2020

Mungkin sebelumnya pembuat docuseries 'Pandemic: How to Prevent an Outbreak' tak menduga filmnya termasuk banyak dicari dan ditonton di Netflix. Apalagi serial dokumenter itu memang diproduksi sebelum ada pandemi Covid-19. 

Tapi itulah faktanya saat ini. Saat ini docuseries 'Pandemic: How to Prevent an Outbreak' banyak dicari dan ditonton di Netflix. Dokumenter itu sendiri dibuat sebelum ada kasus Coronavirus. Film itu sebenarnya mengisahkan pandemi yang sebelumnya terjadi di muka bumi. Termasuk Ebola dan Flu Spanyol yang terjadi pada 1918.

Fokus di film ini sebenarnya pada para dokter dan ilmuwan di Asia serta Amerika yang bekerja tanpa lelah mengembangkan vaksin untuk penyakit mematikan. Nah, cocokloginya, di dokumenter ini ada sesi para ilmuwan yang mendiskusikan teori bahwa akan hadir virus baru di dunia. 

Lebih pasnya lagi, minggu lalu para penonton Netflix terkejut ketika ada salah satu episode serial Korea 'My Secret Terrius' yang secara akurat memprediksi adanya pandemi Coroanvirus. Padahal serial ini dibuat pada 2018.

Dalam episode ke 10 di serial tersebut ada adegan si tokoh protagonis yang sedang berbicara dengan seorang dokter. Dia bertanya tentang keadaan kekasihnya yang sedang dirawat di Rumah Sakit (RS). Awalnya dia tidak tahu, penyakit apa yang tiba-tiba menggegerogotinya. Hingga akhirnya dokter tersebut berkata: "Virus Coronavirusnya sudah menyerang ke saluran pernafasan".

Seramnya lagi, dokter tersebut juga bisa memprediksikan berapa lama virus tersebut berinkubasi di tubuh manusia. Dia berkata: "Yang lebih serius lagi adalah Coronavirus itu memiliki masa inkubasi selama 2 atau 14 hari". Kok bisa ya film-film itu telah mengangkat fenomena Coronavirus? (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Ini 3 Drakor yang Ditonton Minhyun 'NU'EST' di Netflix Selama Social Distancing

Entertainment
Jaejoong 'JYJ' Positif Corona, Fans Berharap ini Hanya April Mop

Interest
Sering Disebut Saat Darurat, Apa Sih Beda Stay at Home dan Shelter in Place