Sport

Dr. Anthony Fauci, Sang Petarung Coronavirus yang Dulunya Kapten Basket Saat SMA

Gunawan Sutanto

Posted on April 5th 2020

Di Amerika Serikat nama Dr. Anthony Fauci sedang diperbincangkan banyak orang. Ahli penyakit menular itu yang terus mengampanyekan cara-cara pencegahan Coronavirus. Eh ternyata, Fauci dulunya juga pemain basket. Saat SMA bahkan dia menjadi kapten tim.

Dr. Anthony Fauci lah yang selama ini terus mendorong warga untuk melakukan physical distancing. Dia juga aktif memberikan saran tentang bagaimana orang Amerika Serikat dengan cepat mengambil langkah-langkah pencegahan untuk diri mereka. 

Nah beberapa hari lalu, Fauci berkesempatan bertemu dengan bintang NBA asal Golden State Warrior, Stephen Curry. Curry banyak mengajukan pertanyaan seputar penyebaran dan penanganan Coronavirus.

Perbincangan itu berlangsung hangat. Rupanya Fauci juga menguasai soal basket. Ia nyambung ketika diajak ngomong soal basket. Fauci yang sekarang berusia 79 tahun, juga tahu bagaimana rasanya menjadi bintang bola basket, meskipun level sekolah.

Dr Anthony Fauci ternyata saat mudanya bermain dan menjadi kapten tim bola basket di Regis High School di New York. Menurut pengakuan rekan-rekan satu timnya dahulu, penampilan Fauci sangat memukau saat itu.

Ia mencetal rata-rata 10,2 point setiap laga. Zeman, salah satu rekan satu tim Fauci bahkan mengungkapkan bahwa Fauci tak hanya hebat saat bertanding melainkan juga seorang pemimpin tim yang baik.

"Dia bukan orang yang berteriak, dan dia bukan orang yang hura-hura, tetapi semua orang memandangnya," kata Tom McCorry, teman sekelas dan pelatih bola basket perguruan tinggi masa depan.

“Dia bekerja keras dan dia sangat tidak egois, seperti yang dia tunjukkan sekarang. Dia benar-benar orang yang sama." imbuhnya.

Sayangnya tim yang dibela Fauci tidak begitu hebat. Tim basket Regis High School hanya mengoleksi torehan 1-16 dirinci oleh Wall Street Journal.

Fauci dan anggota tim lainnya mengalami kekalahan besar atas Fordham Prep 51. Saat itu Donnie Walsh, yang sekarang menjadi President of Basketball Operations Knicks dan Pacers bermain di tim Fordham Prep 51.

Namun The Wall Street Journal tetap menggambarkan Fauci sebagai playmaker yang handal, pemain bertahan yang kokoh dan pesaing yang ulet. Gaya bermainnya mirip Matthew Dellavedova di Cavaliers saat ini.(*)

Related Articles
Sport
Pemain NBA yang Pertama Positif Covid-19 Ini Telah Sembuh

Sport
NBA Main Lagi! Tapi dalam Versi Virtual 'NBA 2K Players Tournament'

Sport
NBA Pertimbangkan Melanjutkan Kompetisi di Kompleks Disney World Orlando