Interest

Social Distancing Adalah Waktunya Kamu 'Puasa' Skincare: Banyak Manfaatnya!

Delya Oktovie Apsari

Posted on April 4th 2020

(Dribbble)

 

Selama #DiRumahAja, penggunaan makeup sekaligus skincare mungkin nggak sebanyak biasanya. Nah, kamu bisa memanfaatkan social distancing ini untuk melakukan 'puasa' skincare!

 

Apa itu 'puasa' skincare?
'Puasa' skincare adalah ketika kamu mengurangi rutinitas skincare-mu, atau bahkan menghentikannya sepenuhnya. Dilansir dari Allure, ini bermanfaat supaya kulitmu punya waktu cukup untuk reset.

Menurut dermatologis Deanne Robinson, teorinya adalah, ketika kamu menggunakan beragam produk skincare, kamu telah 'mengatur' kulitmu. Dengan begitu, kulitmu kehilangan siklus naturalnya.

"Puasa skincare membantu kulit kembali ke homeostasis alaminya," jelas Robinson.

Sebagai contoh, ketika kamu mengoleskan pelembab, kamu memberi sinyal ke sel-sel kulitmu kalau kulit tidak perlu menghasilkan sebum alami, karena kita sudah 'membantunya'. Atau, jika kita menggunakan exfoliant seperti retinol, alpha hydroxy acids (AHA) atau beta hydroxy acids (BHA), secara kimiawi kamu mendorong pergantian sel kulit -- alias mempercepat laju pembaruan kulit yang alami.

"Dengan meninggalkan penggunaan produk sementara, ketika kita mengambil support system tersebut dari kulit kita, kulit akan kembali ke keadaan naturalnya," papar Robinson.

Sementara itu, dokter kulit David Lortscher dari San Diego, menjelaskan kalau untuk orang yang skin barrier-nya terganggu sejak awal, menghilangkan bahan-bahan yang berpotensi mengiritasi akan mendorong penyembuhan kulit.

"Tetapi, menghilangkan produk dengan bahan-bahan seperti hyaluronic acid atau ceramide yang membantu memperbaiki skin barrier-mu, bisa membuat kondisi kulitmu memburuk," terangnya.

 

Skincare apa yang perlu dihindari selama 'puasa'?
Lortscher menyebut untuk orang yang wajahnya mudah iritasi maupun kering, menghentikan penggunaan bahan aktif penting dilakukan. Contohnya seperti retinol, AHA, BHA, dan vitamin C.

Untuk memulainya, kamu bisa menghilangkan satu per satu produk setiap hari sampai kulitmu 'terasa normal lagi'. "Ketika kulitmu sudah kembali pada baseline, pelan-pelan, gunakan kembali produk yang sebelumnya kamu gunakan satu per satu."

Namun, ada satu produk yang menurut kedua ahli, 'haram' ditinggalkan, yaitu sunscreen. (Baca juga: Cuma #DiRumahAja, Perlu Nggak sih Pakai Sunscreen?)

"Aku tidak akan pernah menyarankan puasa SPF," ucap Robinson. (*)

Artikel Terkait
Interest
#DiRumahAja Bikin Lengket dengan Ponsel? Ini Tips Menjaga Mata dari Sinar Biru!

Lifestyle
Di Rumah Aja Tapi Kondisi Kulit Wajah Memburuk? Ini Penyebab dan Solusinya!

Interest
Cegah Distribusi Produk Kecantikan Abal-abal, Kominfo akan Atur Para Influencer