Current Issues

Peringati Hari Nelayan, Yuk Coba 5 Resep Berbahan Ikan Ini. Enak Banget loh!

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 6th 2020


(Pinterest)

Selamat Hari Nelayan! Eits, kalian tahu gak sih kalau setiap 6 April itu kita memperingati Hari Nelayan Nasional? Berawal dari tradisi turun-menurun di Pantai Pelabuhan Ratu di Banten, dahulunya para nelayan menjadikan hari ini sebagai ungkapan syukur atas kesejahteraan yang sudah diterima.

Tradisi ini diisi dengan tarian tradisional dan pelepasan sajen ke laut, dengan harapan tangkapan ikan akan meningkat. Nah kalau sekarang nelayan gak buang sajen lagi tapi benih ikan, bibit udang, dan anak penyu nih!


(greeners.co) 

Tapi kamu gak perlu ikutan lempar benih ikan ke laut kok untuk ikut merayakan. Cukup dengan beli dan makan ikan lokal aja, kita sudah membantu.

Hayo, siapa yang gak  suka makan ikan? Ikan punya banyak manfaat lho, salah satunya punya kandungan omega 3 yang mendukung perkembangan otak terutama pada anak-anak. Biar lebih pintar gitu deh!

Bingung ikannya mau dimasak apa? Nih, cobain resep olahan ikan yang gampang di bawah ini biar suka makan ikan! 

 

1. Fish Fingers

Kamu pengin camilan yang crunchy tapi sehat? Bikin fish fingers deh. Tingal potong ikan seukuran jari, beri bumbu, lalu diamkan sebentar. Setelah itu kamu bisa celupkan potongan ikan ke tepung kering, lalu telur, baru deh tepung roti.

Kalau kamu mau simpan di freezer buat stok, bisa lho! Fish finger ini bisa awet sekitar satu bulan di freezer. Tinggal goreng aja sewaktu-waktu mau dimakan. Jangan lupa, tambahkan juga saus favoritmu ya! Selain camilan, fish fingers bisa juga lho dijadikan teman nasi atau kentang goreng.

 

2. Salmon Mentai Rice

Ini nih makanan yang lagi hits banget! Cara buatnya juga gampang lho. Siapin aja nasi, campur sama rumput laut kering yang banyak di minimarket. Masak dulu salmonnya sebentar, terus letakkan di atas nasi.

Nah bagian paling penting, bikin sausnya dari campuran mayones dan saus sambal sesuai selera. Siram deh sausnya ke atas nasi tadi, taburi dengan rumput laut lagi, jadi deh!

Kalau mau lebih enak lagi, bisa tambah saus keju dan campuran sausnya dibakar sebentar pakai torch. Tapi gak pakai pun tetap enak kok!

 

3. Sardines Fish Balls

Siapa suka makan bakso? Biar lebih sehat, bikin sendiri aja! Nah resep sardines fish balls ini gampang banget lho. Kalian gak perlu ribet pakai mentah tapi pakai sarden! Banyak kan yang sudah dalam bentuk kalengan?

Tapi kalau mau pakai ikan jenis lain juga bisa kok. Campurkan ikan dengan tepung dan bumbu hingga membentuk adonan yang bisa dibentuk, lalu goreng. Pakai saus tomat atau sambal biar makin enak!

 

4. Tuna Melt Sandwich

Kalau butuh makanan yang mengenyangkan tapi simpel, bikin deh tuna melt sandwich. Kamu bisa pakai tuna kalengan yang sudah matang biar mudah. Ambil tuna secukupnya lalu campurkan dengan bumbu dan parsley.

Tambahkan beberapa sendok mayones lalu aduk sampai merata. Taruh deh campuran tuna tadi ke atas roti dan selesai! Kalau suka pakai keju, parut keju di atasnya lalu letakkan di microwave sebentar hingga kejunya meleleh. Simpel banget kan? 

 

5. Salmon Sushi

Sushi! Gak perlu banyak bahan, cukup siapkan lembaran rumput laut, nasi sushi, dan potongan salmon. Letakkan nasi ke atas lembaan rumput laut lalu tambahkan potongan salmon.

Gulung sushi perlahan dan jadi deh! Untuk menggulungnya perlu bamboo mat dan harus perlahan-lahan ya, kalau gak sushinya bisa rusak. Setelah tergulung sempurna, potong sesuai selera.

Yang mana nih yang mau dicoba? Yuk masak-masak mumpung masih masa self-quarantine alias di rumah aja. Daripada cuma rebahan, mending masak dan makan kan? Jangan lupa, cuci tangan rutin dan selalu jaga kesehatan ya!(*)

Artikel Terkait
Current Issues
On This Date: 83 Tahun lalu Serat Nilon Dipatenkan, Pengganti Benang Bahan Alam

Current Issues
Peringatan WHO: Jangan Pakai Masker Kalau Sehat!

Current Issues
Terpaksa Keluar Rumah di Tengah Coronavirus? Perhatikan 7 Hal Ini!