Current Issues

Awas Jangan Sembarangan! Ini 3 Cara Bersihkan Ponselmu dari Coronavirus

Insani U.J

Posted on April 4th 2020

Bak jadi tangan ketiga, itulah kedudukan ponsel di kehidupan kita sehari-hari. Memang sih, beberapa pekan ini jadi melek banget cuci tangan pakai sabun sampai berpuluh-puluh detik karena coronavirus, tetapi sudahkah kita 'mencuci' ponsel kita?

Tips berikut ini sebaiknya kalian praktikkan setiap hari, mengingat penyebaran si coronavirus yang sekarang jadi pandemi ini bisa via tetesan dan menempel di permukaan benda hingga 9 hari. Bisa jadi itu ponselmu, kan? Lantas bagaimana membersihkannya?

1. Gunakan Disinfectant Wipes—Bukan Alkohol Murni

Kabar gembira datang dari website resmi Apple, ternyata disinfectant wipes aman buat bersihin ponsel. Meskipun, sebelumnya perusahaan berlogo apel digigit itu bilang jangan gunakan produk pembersih lantaran bisa merusak lapisan atas ponsel.

Namun semenjak coronavirus merebak, Apple bilang disfictant wipes boleh saja, asal tetap bukan aerosol semprot, pemutih, atau apa pun cairan dengan kandungan keras.

Tips: Mainmain kapan lalu beli wipes dengan 70 persen alkohol di apotek terdekat merek GridCare seperti di bawah ini.

Kamu bisa beli wipes merek lain asalkan tertulis 70% alkohol, misalnya wipes merek Sensi.

 

2. Gunakan Kain Pembersih Microfiber dan Cairan Berbasis Alkohol 70 persen

Sementara Samsung, tak mau kalah dalam memberikan tips sanitasi ponsel lewat samsung.com. Dengan kain pembersih microfiber yang sudah dituangi cairan berbasis alkohol 70 persen atau asam hipoklorit (50-80ppm), silakan gosok permukaan ponsel perlahan.

Kain khusus pembersih kamera pun bisa, karena kain ini juga lembut. Asal selalu ingat: Jangan gosok terlalu kuat dan lagi-lagi jangan gunakan aerosol.

 

3. Sinar Ultraviolet (UV)

Perusahaan bernama PhoneSoap bikin gebrakan baru yaitu Smartphone UV Sanitizer. Di laman resminya, phonesoap.com, alat tersebut dibanderol seharga  USD 79.95 atau sekitar Rp 1,3 juta.

Meski yang mereka klaim bisa membunuh hingga 99,99 persen bakteri dan kuman, namun belum ada penelitian lebih lanjut apakah ampuh pula untuk novel coronavirus.(*)

Related Articles
Interest
Google Update Maps-nya untuk Permudah Cari Layanan Kesehatan Online

Interest
Tak Hanya Nyawa, Pandemi Covid-19 Juga Bisa Bunuh Privasi

Tech
Sejumlah Negara di Eropa Mulai Pakai Teknologi Pelacakan Covid-19 Google x Apple