Entertainment

10 Drama Korea Berusia 10 Tahun yang Tetap Asyik Ditonton Selama Self-quarantine

Delima Pangaribuan

Posted on April 4th 2020

Melakukan karantina sendiri (self-quarantine) di rumah bikin sebagian besar dari kita mungkin jadi sering binge-watching alias nonton serial dalam satu waktu. Nggak terkecuali para pecinta drama Korea, mungkin lagi sering asyik bertukar rekomendasi drama Korea yang asyik buat ditonton selama karantina ini.

 
Drama Korea yang baru-baru sekarang banyak yang bagus. Tapi jangan lupa, drama Korea yang dulu juga nggak kalah bagusnya. Buat pecinta drama Korea veteran alias sudah dari zaman baheula, mungkin ini saat yang tepat buat kita bernostalgia sama drama-drama lawas yang masih membekas sampai sekarang. 
 
Soompi merangkum 10 drama favorit yang tayang tahun 2010 alias sudah satu dekade yang lalu, tapi masih worth it banget ditonton tahun ini. Satu, karena ratingnya tinggi. Dua, karena memang dramanya berkesan banget pada zamannya. Check it out!
 
10. Slave Hunters

 
 
Dikenal juga dengan judul "Chuno". Yang suka drama sageuk atau drama historis Korea berbumbu action pasti suka drama satu ini. Drama ini dibintangi sederet aktor papan atas yang kerap muncul di cerita-cerita laga seperti Jang Hyuk, Oh Jiho, Lee Dahee, Gong Hyungjin, Lee Jonghyuk, dan Kim Jisuk. Sesuai judulnya, ceritanya tentang seorang slave hunter yang mengejar budak yang lari dari majikannya. Oh ya, jangan khawatir, ada romance-nya juga kok.
 
 

9. Jewel in the Crown
 
 
Drama sageuk lainnya yang sukses berat pada 2010. Atau dikenal juga dengan judul Koreanya, "Dong Yi". Drama ini bercerita tentang seorang gadis biasa bernama Dong Yi yang menjalin kisah cinta dengan Raja Sukjong.
 
Diambil dari kisah nyata, drama ini mungkin mirip-mirip dengan drama kerajaan pada umumnya. Ya ngomongin soal politik dan tahta. Tapi, chemistry Han Hyojoo dan Ji Jinhee yang kuat, kemudian jalan cerita yang ditulis dengan rapi dan dieksekusi dengan luar biasa membuat drama ini jadi outstanding. 
 
 
8. Personal Taste
 
 
Dramanya Lee Minho tepat setelah dia booming sebagai Goo Junpyo di 'Boys Before Flower'. Banyak yang menantikan akting Lee Minho di sini dengan karakter berbeda.
 
Menurut Soompi, sebenarnya drama yang diperankannya bareng Son Ye Jin ini (iya, Son Ye Jin pacarnya Kapten Ri!) ini potensial jadi drama yang bagus. Tapi eksekusinya ternyata kurang menurut penonton di sana, dan ratingnya nggak begitu tinggi. Drama ini masih bisa tertolong banget berkat chemistry antara Lee Minho dan Son Yejin yang so sweet. 
 
 
7. Baker King, Kim Tak Goo
 
 
Termasuk drama yang booming pada 2010 dengan rating yang bahkan menembus 50 persen di episode finalnya. Sebagian berpendapat kalau drama ini agak unik (dan aneh) karena ceritanya tentang ambisi seorang cowok jadi tukang roti terbaik di Korea Selatan. Meski begitu, banyak yang jatuh cinta juga sama keunikan cerita drama ini dan twist dalam drama yang bikin nggak bosan. 
 
 
6. My Girlfriend is a Gumiho
 
 
Cerita dua tokoh beda dunia macam ini memang selalu menggemaskan. Soalnya penonton bakal penasaran bagaimana mereka akan bersatu. Drama ini bercerita tentang seorang manusia bernama Cha Daewoong (Lee Seunggi) yang nggak sengaja melepaskan "seekor" manusia serigala ekor sembilan bernama Gumiho (Shin Minah). Drama ini memenangkan hati banyak penonton karena sarat unsur-unsur fantasi dan legenda. Dan pastinya yang suka drama ini pasti gemes sama combo Cha Daewoon-Gumiho.
 
 
5. Joseon X-Files
 
 
Perpaduan antara sageuk dan sci-fi dengan unsur-unsur macam alien dan UFO. Secara rating sebenarnya drama ini underrated, padahal sebenarnya cerita drama ini sendiri bagus dan ekskusinya sinematografi dan CGI-nya juga oke. Jika pada 2010 kalian belum sempat nonton drama ini, coba sekarang dicek deh.
 
 
4. Sungkyunkwan Scandal
 
 
Park Minyoung, Yoo Ah-in, Song Joong-ki mungkin bisa sepopuler sekarang berkar role mereka di drama ini. Main bareng Park Yoochun dan Seo Hyorim, drama ini menjadi salah satu yang paling booming 10 tahun yang lalu. Ceritanya bikin banyak orang tertarik karena mengisahkan cewek yang berusaha mengenyam pendidikan di zaman Joseon ketika perempuan nggak boleh sekolah.
 
 
3. Playfull Kiss
 
 
Mengulang kesuksesan 'Boys Before Flower' yang merupakan remake dari Taiwan, drama yang satu ini juga ngehits banget pada 2010. Ceritanya sendiri ringan, tentang seorang cewek dari kelas anak-anak nggak pintar (Jung Somin) yang naksir sama si jenius di sekolah (Kim Hyunjoong). Sepanjang drama kita bakal banyak disuguhi adegan-adegan yang so sweet dan bagaimana gigihnya tokoh Oh Hani mengejar Baek Seungjo, yang akhirnya nggak sia-sia.
 
 
2. Fugitive: Plan B
 
 
Ini termasuk film action selanjutnya yang masuk daftar. Sutradaranya sama kayak "Slave Hunters", jadi nggak heran kalau drama ini sama bagusnya. Dicampur sama unsur komedi, drama action ini pun mendapat rating yang cukup tinggi. Ditambah dengan kehadiran Rain sebagai tokoh utama setelah dia hiatus lima tahun dari layar kaca.
 
 
1. Secret Garden
 
 
Kalau kamu bisa jatuh cinta sama Kapten Ri 'Crash Landing on You' saat ini, pasti kamu juga bakal jatuh cinta juga sama Hyun Bin ketika main drama 'Secret Garden' 10 tahun yang lalu. Ide awal yang simpel, di mana Hyun Bin tukeran badan sama Ha Jiwon, banyak menimbulkan twist dalam cerita yang bikin kita susah lupa.(*)
Artikel Terkait
Entertainment
Park Hae Joon 'The World of the Married' Pusing Baca Komentar Buruk dari Netizen

Entertainment
Tamat Hari ini, Aktor 'Hi Bye, Mama' Ungkap Makna Drama Bagi Mereka

Entertainment
Pernah Muncul di MV SHINee, ini 5 Fakta Han So Hee 'The World of the Married'