Current Issues

Merah Putih Menembus Orbit Bersama SpaceX

Hakiki Hijriawan

Posted on August 7th 2018

Pukul 12:19 WIB jadi saksi, Indonesia resmi meluncurkan Satelit Merah Putih di markas besar NASA di Cape Canaveral, Air Force Station, Florida, Amerika Serikat. Satelit itu dibawa dengan roket Falcon 9 milik Ilmuwan Elon Musk, Space X. Dengan berhasilnya peluncuran tersebut, maka Satelit Merah Putih jadi satelit ke 9 yang diluncurkan oleh Indonesia ke ruang angkasa, wuihhh kerennn kan!!

Sebagai satelit ke 9, Satelit Merah Putih ini diluncurkan menggantikan satelit Telkom 1 yang sempat mengalami gangguan pada Agustus 2017 silam. Satelit Merah Putih ini bakal menempati menempati slot orbitnya di posisi 108 derajat Bujur Timur (108 BT), tepat di atas Selat Karimata.

Satelit yang berbobot 5,8 ton ini membawa 60 transponder aktif yang terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band. Dan nggak cuma melayani jaringan telekomunikasi di Indonesia aja loh. Si Merah Putih atau Telkom 4 ini bakal melayani wilayah sekitar Asia Tenggara dan juga kawasan Asia Selatan, canggih kan!

Yaiyalah gimana nggak canggih coba. Fyi, pengerjaan satelit ini menghabiskan waktu yang nggak sebentar loh. PT Telkom Indonesia bersama perusahaan pembuat satelit Space System Loral (SSL) mengerjakannya hingga 28 bulan lebih cepat 2 bulan dari prediksi sebelumnya. Tapi, walaupun udah diluncurkan hari ini. Satelit Merah Putih baru benar-benar beroperasi di minggu ketiga bulan September nanti. Sebab perjalanan yang memakan waktu selama 11 hari dan adanya penyesuaian dengan ruang angkasa.

Satelit Telkom 4 ini memerlukan waktu yang nggak sebentar untuk parkir di orbitnya. Setidaknya sekitar 2 menit setelah lepas landas tadi siang waktu Indonesia, roket bagian 1 dari Falcon 9 baru akan lepas untuk dilanjutkan penerbangan roket kedua. Dilansir dari detik.com Koordinator proyek Satelit Merah Putih, Hendra Gunawan membeberkan perjalanan si Merah Putih ini.

"Setelah lepas landas, roket kedua itu akan terus sampai menuju ketinggian 500 kilometer. Lalu, setelah itu satelit dilepas di situ," ujarnya.

Nggak berhenti di situ, nantinya akan ada proses orbit rising atau yaitu tahapan satelit itu mencapai ketinggian geostastioner di 36 ribu kilometer di atas permukaan bumi. Baru setelah itu Satelit Merah Putih mengisisi titik koordinat orbitnya yang diprediksi sampai di tanggal 18 Agustus nanti, wuiihh kado ulang tahun buat Indonesia nih hihi.

Dilansir dari laman resmi Twitter Telkom @TelkomIndonesia, dengan meluncurnya Merah Putih di ruang angkasa hal ini bisa meningkatkan akses jaringan telekomunikasi di Indoensia. “Sangat penting, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki 17.508 pulau serta dataran yang sulit dijangkau untuk jaringan internet. Satelit menjadi jawaban tepat untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia,” cuit akun resminya.

Sip deh, jadi nggak sabar mau internetan dengan kecepatan tinggi hihi…

Related Articles
Tech
SpaceX dan NASA Akhirnya Berhasil Luncurkan Crew Dragon ke Luar Angkasa

Interest
Ada "Dinosaurus" Numpang di Penerbangan Luar Angkasa NASA x SpaceX

Tech
Crew Dragon Sukses Daratkan Kembali Bob dan Doug di Bumi