Interest

Coronavirus, Polri Bebaskan Denda Pajak dan Beri Dispensasi SIM Expired

Mainmain.id

Posted on April 2nd 2020

Sejumlah kebijakan yang memudahkan orang tetap melakukan physical distancing diberlakukan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. "Pak Polisi" mengeluarkan kebijakan pembebasan denda pajak, plus dispensasi untuk kalian yang SIM (surat izin mengemudi)-nya expired.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Korlantas Polri di situs resminya. Menurut Korlantas, pebebasan denda diberikan pada masyarakat yang akan membayar pajak kendaraan bermotor selama masa pandemi virus corona atau Covid-19. Pembebasan diberikan hingga masa Kejadian Luar Biasa (KLB) coronavirus yang akan berakhir hingga 29 Mei 2020 mendatang.

"Selama KLB (kejadian luar biasa) Covid-19, yang terlambat bayar pajak sampai tanggal 29 Mei (2020) tidak didenda," kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono, Kamis (2/4/2020).

Adapun kebijakan pajak kendaraan motor akan ditentukan masing-masing oleh Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, Kakorlantas memerintahkan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) di setiap wilayah untuk berkoordinasi dengan pemda masing-masing.

"Saya kemarin sudah sampaikan jajaran Dirlantas, agar koordinasi dengan Dispenda (Dinas Pendapatan Daerah) Provinsi masing-masing," jelasnya.

Sementara itu, imbas dari pandemi Covid-19 di tanah air juga membuat kepolisian menutup sementara pelayanan perpanjang SIM, Pajak Kendaraan Bermotor dan STNK. 

Terkait kebijakan SIM, polisi memberikan dispensasi bagi para pemilik surat izin mengemudi (SIM) yang habis masa berlakunya per 17 Maret sampai 29 Mei 2020. Jadi, kalau SIM kalian expired pada 17 Maret atau setelahnya kalian mendapatkan dispensasi untuk menunda perpanjangan hingga masa tanggap darurat atau masa KLB berakhir pada 29 Mei 2020 nanti.

Nah, kalau SIM-mu sudah habis sebelum 17 Maret dan kalian belum perpanjangan ya gak termasuk yang mendapatkan dispensasi. Jadi jangan ngeyel kalau ditilang Pak Polisi ya. 

Bagaimana jika kalian butuh membuat SIM baru atau SIM kalian hilang, pelayanan seperti itu sih masih dibuka. Tapi jam operasionalnya sangat terbatas hanya pukul 8 sampai pukul 13 untuk hari Senin sampai Jumat. Sedangkan hari Sabtu, pelayanannya pukul 8 sampai pukul 12.(*)

 
Related Articles
Interest
Coronavirus di Korea Tembus 1.100 Kasus, Libur Sekolah Diperpanjang

Interest
Gabut Selama #dirumahaja? Saatnya Menyelami 5 Hobi Baru Ini!

Interest
Sebut Corona 'Chinese Virus', Lana Condor 'To All the Boys' Kritik Trump