Interest

Kompakan, Donasi Pengusaha dan Masyarakat untuk Covid-19 Tembus Rp 66,5 miliar

Kemara Gumilang

Posted on April 2nd 2020

Penyebaran Covid-19 di Indoneisa sekarang telah mencapai angka 1.677 kasus positif dengan rincian 157 kematian dan 103 pemulihan, dan telah tersebar ke 32 dari 34 provinsi. Angka-angka itu disampaikan Achmad Yurianto selaku juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, dalam konfrensi pers pada Rabu, 1 April 2020.

Di tengah berbagai kabar yang tidak membahagiakan itu, satuan tugas khusus bentukan pemerintah yang menangani kasus Covid-19 telah berhasil mengumpulkan sekitar Rp 66,5 miliar uang tunai hasil donasi dari masyarakat.

Dalam konfrensi persnya Rabu kemarin, Yurianto juga mengucapkan terimakasih kepada semua elemen masyarakat. “Kami bersyukur bahwa masyarakat, baik secara individu maupun kelompok, telah menyumbang lebih dari Rp 66,5 miliar hingga saat ini ke rekening Satuan tugas Covid-19 untuk menangani masalah ini secara komprehensif,” tambah Yurianto

Achmad Yurianto pada konfrensi hari Selasa juga mengungkapkan bahwa, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Covid-19 telah berhasil mengumpulkan donasi sekitar Rp 40 miliar dari masyarakat. Donasi yang telah terkumpul akan digunakan secara bertanggung jawab dan laporan penggunaannya akan diposting pada satuan tugas dan situs web masing-masing agensi.

Berbagai elemen masyarakat bersatu untuk membantu pemerintah dalam pemberantasan penyebaran Covid–19. Mulai dari perusahaan besar seperi Bakrie Grup yang menyumbang Rp 20 miliar kepada gugus tugas pada hari Senin. Lalu ada juga perusahaan batubara PT Adaro Energy juga mengumumkan mereka menyumbangkan Rp 20 miliar ke BNPB.

Tidak berhenti disitu para seniman dan masyarakat juga bersatu dan berhasil mengumpulkan sekitar Rp 11,5 miliar sumbangan melalui konser virtual yang disebut #dirumahaja pada Selasa melalui situs crowdfunding Kitabisa.com. Perusahaan media Narasi, yang menginisiasi konser virtual itu mengungkapkan akan mendistribusikan hasil donasi secara independen.

Setiap donasi yang terkumpul akan digunakan untuk kebutuhan memutus rantai penyebaran Covid–19 di Indonesia. Pemerintah telah mendistribusikan sekitar 475.200 alat rapid test ke setiap dinas kesehatan provinsi untuk mendeteksi dan memetakan penyebaran Covid-19, selain itu pemerintah juga telah mendistribusikan 349.000 alat pelindung diri ( APD ) untuk pekerja medis di seluruh negeri.(*)

Related Articles
Interest
Apple Kembali Sumbang 10 Juta Masker untuk Tenaga Medis di AS

Interest
Sebelum Datang Pandemi, 2 Serial di Netflix Ini Sudah Bahas Soal Coronavirus

Interest
Jangan Asal Teruskan Pesan! Hari Ini WhatsApp Batasi Fitur 'Forward Messages'