Interest

Kata Microsoft, Controller XBOX Series X Gunakan Baterai AA

Drian Bintang

Posted on April 2nd 2020

Baru-baru ini Microsoft jawab pertanyaan penggemarnya terkait controller yang akan digunakan di Xbox Series X. Konsol yang rencananya akan diluncurkan akhir tahun ini itu ternyata menggunakan baterai AA sebagai sumber daya utamanya. Faktor fleksibilitas yang mendasari keputusan Microsoft mengambil kebijakan ini.

Hal ini, dilontarkan oleh Partner Director of Program Management Xbox, Jason Ronald. Dia menjelaskan, di bagian internal di Microsoft pun awalnya sempat terbagi dua atas pilihan ini. Sebagian dari mereka memutuskan untuk menggunakan baterai AA sebagai sumber daya controller-nya.

Sebagian lagi, setuju dengan penggunaan sumber daya yang berasal dari konsol yang disambungkan oleh kabel USB. Seperti kontroler pada umumnya. "Tapi yang memilih AA (Baterai AA, Red) penjelasannya lebih kuat," jelasnya.

Ronald tidak ingin masyarakat berpikir terlalu tradisional. Pemilihan Baterai AA bukan berarti pembeli harus menghabiskan duitnya untuk membeli baterai. Ronald tetap menyarankan mereka untuk menggunakan Baterai AA yang bisa diisi ulang dayanya setiap kali habis. Dengan ini, mereka akan lebih menghemat biaya. Ketimbang harus diganti, setiap kali habis dayanya. "Sebenarnya alasannya simpel kok (kenapa mereka memilih baterai AA). Supaya lebih fleksibel saja," tuturnya.

Dengan ini pemain bisa menggunakan controller lebih leluasa. Sebab, mereka tidak lagi harus dibatasi oleh kabel yang harus ditancapkan ke konsol setiap berapa menit sekali. Terutama, bagi kalian para gamer yang suka menggerakkan badan secara refleks ketika bermain. Kalian tidak perlu lagi takut kabel kalian akan rusak, karena terus-terusan ketarik setiap kali bermain.


Hal tersebut, tentunya didukung dengan sinyal Bluetooth yang lebih kuat dari controller generasi sebelumnya. Ronald menjelaskan, karena orientasi mereka adalah fleksibilitas maka mereka pun harus melakukan sedikit perombakan. Meskipun, secara disain visual tidak ada yang berubah dari controller generasi terbaru Xbox tersebut.

Namun jika diperhatikan lagi, controller terbaru itu akan terlihat sedikit lebih kecil dari sebelumnya. Penyesuaian itu dilakukan, untuk mengakomodasi semua jenis tangan para pemain yang ada di penjuru dunia.

Banyak dari penggemar Xbox yang mengeluhkan kontroler mereka terlalu besar. Sehingga mereka tidak bisa meraih beberapa tombol secara bersamaan. Kini Microsoft bahkan menciptakan tombol untuk mengakses kelebihan lain dari Xbox selain bermain game. Seperti menangkap gambar di game yang kita mainkan, dengan satu tombol saja.

Gimana sudah penasaran seperti apa Xbox Series X ini nantinya? Tunggu saja ya, Microsoft baru berencana untuk merilis konsol ini pada 26 November mendatang. Microsoft pun belum memberikan konfirmasi, apakah pandemi Coronavirus ini akan membatalkan peluncuran perdananya.(*)

Related Articles
Interest
Sony Umumkan Logo PS5 di CES 2020

Interest
Selain Siapkan Konsol, Xbox Juga Siap Luncurkan Game Baru

Interest
Kinerja PlayStation 5 Diisukan Tak Stabil, Apa yang Bermasalah?