Current Issues

Dari Supermoon Sampai Hujan Meteor, Ini Fenomena Langit di Sepanjang April

Vita Kartika

Posted on April 1st 2020

Memasuki bulan keempat 2020 ini, tim mainmain.id mau punya kabar gembira dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Yup, sepanjang bulan April ini, LAPAN memprediksi setidaknya akan ada tiga fenomena langit yang dapat dilihat dari langit Indonesia.

Yang istimewa, nggak ada wilayah khusus buat melihat fenomena langit ini. Kalian bisa mengamatinya dari mana saja, asalkan kondisi cuaca dan langit mendukung. Misalnya nih, kalau kebetulan sedang hujan deras, atau terlalu banyak cahaya dari lampu-lampu gedung, tentu akan lebih sulit untuk mengamati fenomena langit yang ada.

Memangnya apa saja fenomena langit yang akan terjadi di bulan April? Dilansir dari Kompas, Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa menyampaikan kalau fenomena langit tersebut di antaranya adalah Supermoon, Bulan Baru, dan Hujan Meteor Lyrids.

Penasaran? Yuk simak satu persatu penjelasannya!

 

Supermoon

Penampakan fenomena supermoon pertama di tahun 2020 (foto:CNN Indonesia)

Sesuai namanya, Supermoon adalah fenomena bulan purnama yang tampak berkali lipat lebih besar dan lebih terang dari biasanya. Fenomena ini terjadi ketika bulan berada pada posisi terdekatnya dari bumi, sehingga bulan akan sepenuhnya diterangi oleh cahaya matahari.

LAPAN menyampaikan bahwa Supermoon diprediksi akan terjadi pada 8 April 2020 mendatang, dengan fase bulan purnama sempurna pada sekitar pukul 09.35 WIB. Catat tanggalnya, ya!


Bulan baru

Bulan baru kali ini sekaligus sebagai penanda awal bulan Ramadhan (foto:Info Astronomi)

Apa yang spesial, nih? Bukannya bulan baru pasti terjadi setiap bulan? Eits, jangan salah, bulan baru di April ini jadi spesial karena juga digunakan untuk menandai hilal Ramadhan atau awal bulan puasa bagi umat muslim di Indonesia.

Untuk bulan ini, diprediksi bulan baru akan terlihat pada tanggal 23 April 2020. Bulan baru sendiri terjadi akibat bulan terletak di sisi bumi yang sama dengan matahari, sehingga tidak akan terlihat di langit malam.

Bulan baru ini juga adalah waktu terbaik dalam sebulan untuk mengamati galaksi dan gugusan bintang, karena tidak ada cahaya bulan yang menutupi.


Hujan meteor Lyrids

Hujan meteor Lyrids adalah fenomena langit yang ditunggu-tunggu tiap tahunnya (foto:Kumparan)

Hujan meteor juga akan menjadi fenomena langit yang wajib masuk di aplikasi reminder kalian di bulan April ini. Lyrids adalah hujan meteor yang saat puncaknya bisa menghasilkan sekitar 20 meteor per jam.

Hujan meteor ini biasa berlangsung setiap tahun, mulai tanggal 16 hingga 25 April. Untuk tahun ini, diprediksikan puncak hujan meteor Lyrids akan jatuh pada malam tanggal 22 dan pagi tanggal 23 April.

Tenang, fenomena ini bisa dilihat di wilayah manapun di Indonesia kok. Asalkan kalian berada di tempat yang luas seperti tanah lapang, dan langit sedang dalam keadaan gelap.

Wah, semoga nggak turun hujan ya pas ketiga fenomena langit ini berlangsung!


Related Articles
Current Issues
Catat! Jadwal Gerhana Dan Hujan Meteor Tahun 2020

Current Issues
Kenapa sih Rindu Itu Berat?

Current Issues
Dukung PSBB, Grab dan Gojek Non-aktifkan Fitur Go-Ride dan GrabBike di Jakarta