Interest

Tradisi BTS Selama April Mop, Mulai Gonta-ganti Foto Sampai "Ngerjain" Bang PD

Delima Pangaribuan

Posted on April 1st 2020

Tampan, berkarisma, dan sukses. Image itu jelas cocok disematkan pada BTS. Tapi jangan lupa kalau BTS itu juga sering banget lupa jaga image alias slenge'an.

Mereka bahkan sering ikutan main prank buat merayakan April Mop. Koreaboo merangkum pada April Mop setiap tahunnya sejak 2014-2019 lalu, BTS nggak pernah absen "memporak-porandakan" akun media sosial mereka sendiri.

ARMY veteran mungkin sudah menjadi saksi dagelan mereka dari tahun ke tahun. Tapi buat ARMY yang baru, tenang saja. Nggak harus nge-scroll Twitter sampai bawah-bawah. Ini dia rangkuman keisengan April Mop BTS dari zaman ke zaman.
 
2014
Twitter BTS tiba-tiba mengalami perubahan tanggal 1 April. Bahkan, perubahannya nggak cuma satu kali. Para member iseng upload hal-hal nggak jelas dan menggonta-ganti profil media sosial mereka sendiri. Untung Twitter-nya nggak crash.

 
Pertama, Jin sebagai member tertua upload foto anjing kesayangannya, Jjanggu. Terus, J-Hope mengganti foto profil Twitter BTS dengan fotonya sendiri. "Halo, ini akun Twitter official J-Hope," cuitnya.
 
Nggak cuma J-Hope, member lain juga nggak mau kalah nampangin muka di foto profil. Jin, sketsa muka Suga, sampai V. Kemudian V juga ngetwit, ngaku-ngaku kalau dia pangeran yang menyamar dan hidup di Seoul.

 
Jimin lalu "menggeser" V dengan mengupload fotonya sendiri. "Taetae (V) masih menguasai Twitter. Ayo kita... dorong!!" cuit Jimin.
 
 
 
 
2015
 
BTS alias Bangtan Boys kali ini punya 'saudari', yakni Bangtan Girls. Yup, BTS mengganti header Fancafe mereka dengan foto Bangtan Girls, yang tak lain dan tak bukan ya foto mereka sendiri pake baju cewek. Ditambah ada hiasan banyak bentuk hati warna merah, udah cocok banget jadi girl group baru.
 
Di Twitter, mereka mengganti username akun BTS official beberapa kali sepanjang hari. Mulai dari Super Mario, Kim Jin, Jimin Mon, It's Hope, Mini Moni, Tae Designer, dan Tae Design. Foto profilnya juga diganti-ganti sama kartun dan Super Mario.
 
 
Big Hit nggak mau kalah. Akun official Big Hit Entertainment juga mengganti Twitter mereka ala-ala Kingsmen. Nama akunnya jadi BTS Secret Service. Lengkap dengan upload foto-foto member pakai jas hitam ala-ala secret agent. 
 
 
2016
 
BTS kembali mengacaukan Twitter. Kali ini, mereka nggak cuma gonta-ganti username dengan nama dan foto masing-masing aja. Tapi bahkan udah pakai inside joke-nya BTS sendiri. 
 
 
Pertama, Suga dan J-Hope pasang foto profil dan header berdua. Username-nya diganti Sopemme, yang diambil dari nama duo mereka "Sope". "Kami adalah grup vokal terbaik, Sopemme yang punya blues badai~!" tulis mereka di bio.
 
Nggak mau kalah, duo dari Busan alias Jimin dan Jungkook juga pasang foto mereka setelahnya. Dengan nama duo "Busan Men". "Kami betul-betul lupa bagaimana ngomong dengan dialek (Busan satoori) karena sudah terbiasa pakai aksen Seoul," katanya di bio.
 
Setelah itu ada Jin yang pakai nama Jjin dan menjalankan agenda alpacanya, J-Horse alias J-Hope versi kuda, sampai teman dekan alpaca Jjin, Tibetmon alias RM. Ini sebetulnya boy group apa taman safari ya?
 
 
2017
 
Jin dan Jimin kompakan pakai baju hijau dan kacamata. Foto ala-ala anak kembar ini mereka pasang jadi header dan foto profil. "Kalian nggak tahu kan siapa yang mana," tulisnya di bio.
 
 
Giliran V, dia mengubah akun Twitter-nya jadi rada edgy, dengan username "Music". "Musik adalah hidupku," tulis V. Fotonya? Apa lagi kalo nggak pake muka-muka dia sendiri.
 
 
2018
 
Lupakan soal Bangtan. ARMY tahun itu iseng bikin "grup baru" namanya Beardtan. Jadi, mereka iseng ngedit foto BTS lengkap dengan jenggot lebat alias beard. ARMY juga kompakan ganti username dan foto profil semua dengan nama dan gambar ARMY Bomb.
 
 
Nggak mau kalah iseng sama fans, member BTS juga bikin perayaan April Mop buat... Bang Si-hyuk! Wajah CEO Big Hit Entertainment itu mendadak jadi header di akun Twitter BTS. "Halo, saya Bang Si-hyuk," cuit BTS lengkap sama foto hitam putih bos mereka.
 
Screenshot video waktu Bang Si-hyuk ngadain the second audition yang unik itu juga diedit sama member. "Aku memotret diriku sendiri waktu main gunting-batu-kertas. Gimana... ^^ Foto yang bawah itu waktu aku menang karena milih kertas," cuit "Bang Si-hyuk" gadungan.
 
 
Jimin menambah kekacauan di Twitter dengan upload artikel palsu soal fanclub NamJin (nama duo Jin dan RM). Jimin sok-sokan jadi president dari fanclub tersebut, lengkap dengan tagar #Hyungs_ILoveYouGuys.
 
Cuitan Jimin itu ditanggapi Jin. "Aku kesel sama Park Jimin, makanya aku bakal menulis puisi dari suku kata tentang Bang Si-hyuk." Keselnya sama Jimin tapi yang kena bosnya lagi.
 
 
2019
Kali ini para maknae line nggak ikutan. Cuma hyung line aja yang gonta-ganti profil Twitter. Pertama ada Jin yang upload foto dia lagi pegang udang besar. Tapi cara pegangnya kayak pegang telepon. Foto itu lantas dia jadikan foto profil dan header. "Halo?" tulis Jin di bio.
 
 
Foto itu cuma bertahan beberapa jam aja, kemudian diganti sama duo Suga dan J-Hope. Yap, Sope kembali menghiasi akun Twitter official dengan foto mereka berdua. "DM kita ya kalau mau tanya-tanya soal event. Kita bersedia pergi ke mana aja di Korea Selatan!" tulis mereka di bio. (*)
Related Articles
Entertainment
Ramaikan Twitter, ARMY Rayakan "Debut" BTS Tahun 2020

Interest
8 Fakta Unik dan Teori MV BTS Versi Sinematik "ON"

Interest
Cara EXO-L, ARMY hingga BLINK Bantu Korban Kebakaran Australia