Interest

Cuma #DiRumahAja, Perlu Nggak sih Pakai Sunscreen?

Delya Oktovie Apsari

Posted on April 1st 2020

(Huffington Post)

 

Selama ini, sunscreen menjadi salah satu pelindung wajah yang nggak boleh terlupa. Apalagi, kalau kita sering berkegiatan di luar ruangan.

Tapi, gara-gara pandemi coronavirus COVID-19, kita diharuskan social distancing dan diwajibkan #DiRumahAja. Nah, selama kita di dalam rumah, sebenarnya masih perlu nggak sih pakai sunscreen?

Menurut Dr. Joshua Zeichner, Director of Cosmetic & Clinical Research in Dermatology di Rumah Sakit Mount Sinai, New York, sunscreen tetap harus dipakai, lho, meski kita kegiatan di dalam rumah. Soalnya, sinar matahari memiliki UVA yang masih bisa menembus jendela.

"Sinar UVA menembus melalui kaca jendela, yang berarti kulitmu berisiko terkena kanker kulit maupun penuaan dini akibat matahari, sama seperti kamu bila sedang di luar rumah," jelas Dr. Zeichner, seperti dikutip Yahoo.

Tetapi, sunscreen yang kamu gunakan sehari-hari bisa jadi tidak sesuai dengan sunscreen yang kamu butuhkan selama social distancing. Dr. Zeichner mengatakan, jenis sunscreen yang dibutuhkan untuk kegiatan indoor adalah broad-spectrum.

Soalnya, SPF saja tidak cukup, karena SPF mengarah pada perlindungan kulit terhadap sinar UVB. Sedangkan sinar UVB tak mampu menembus jendela. Namun, sinar UV lainnya bisa.

"Jadi yang lebih penting dari SPF adalah broad-spectrum. Nggak ada sunscreen yang punya broad-spectrum kecuali dia setidaknya punya SPF 30," paparnya.

Ia pun menyarankan mineral blocker sunscreen yang mengandung zinc oxide. Sunscreen jenis ini menurutnya lebih baik untuk digunakan di dalam ruangan.

"Selain sinar UV, kamu juga terkena high energy visible light karena lampu bolam maupun perangkat elektronik. Chemical UV filters sama sekali tidak menangkal sinar HEV (blue light). Tetapi, mineral blockers bisa melindungi."

Dari hasil penelusuran Mainmain, ada beberapa produk sunscreen broad-spectrum yang tersedia di online shop Indonesia. Yang pertama adalah Derma-E Sun Defensel Mineral Oil-Free Sunscreen. Sunscreen broad spectrum SPF 30 ini punya kandungan mineral zinc oxide dan aman untuk kulit sensitif.

Ada pula Etude House Sunprise Mild Airy Finish SPF50+/PA+++, mineral sunscreen asal Korea Selatan yang juga melembabkan kulit karena ada kandungan hyaluronic acid.

Untuk produk lokal, kamu bisa mencoba Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen Lotion. Ia adalah mineral sunscreen dari bahan-bahan natural, dan melindungi dari UVA serta UVB. (*)

Related Articles
Interest
4 Fakta dr. Tirta: 'Maestro' Cuci Sepatu yang Tengah Jatuh Sakit Melawan Corona

Interest
Terpaksa Belanja di Luar Saat Corona? Ini yang Perlu Kamu Lakukan!

Interest
Angka Kematian Coronavirus di Vietnam Nol, Ini 4 Rahasianya