Interest

WHO Dukung Mabar Selama Self-quarantine

Hani Ayu Rahmatiah

Posted on April 1st 2020

Source: The Hack Post

Akhir pekan lalu, World Health Organization (WHO) mengumumkan kerja sama dengan pihak yang tak teduga, yaitu perusahaan game! Keduanya bersatu untuk mengedukasi masyarakat di dunia agar tetap self-quarantine.

Mereka meluncurkan kampanye Play Apart Together alias bermain bersama tapi tetap di rumah masing-masing. Bahasa kerennya mabar alias main bareng. 

Beberapa perusahaan seperti Activision, Blizzard, Twitch, Riot Games dan Youtube Gaming mendukung kampanye tersebut. Mereka pun mengembangkan teknologi yang memungkinkan penggunannya bermain game bersama keluarga atau teman mereka dalam jarak jauh secara online.

Demi mendukung keberhasilan kampanye Play Apart Together, perusahaan-perusahaan itu juga membuat special events, exclusives activities, rewards dan inspiration. Program-program tersebut diyakini akan membuat momen main bareng selama self-quarantine ini makin seru.

CEO Activision, publisher game Call of Duty, Bobby Kotick menuturkan "Saat ini yang paling dibutuhkan adalah memastikan orang-orang tetap aman saat terhubung dengan orang lain. Game adalah platform yang sempurna karena orang-orang bisa terhubung dalam kebahagiaan, tujuan dan arti. Kami bangga bisa berpartisipasi dalam inisiatif yang dibutuhkan seperti ini," ujarnya.

Kebijakan WHO untuk bekerjasama dengan perusahaan game ini cukup mengejutkan karena pada Januari 2018 lalu organisasi tersebut memasukkan game disorder atau kecanduan game sebagai penyakit. Sedikit ironi yaaa. Tapi rasanya demi tujuan baik di masa seperti ini, nggak papalah. 

Kalau kita lihat dari realita saat ini, masyarakat dunia memang semakin banyak yang main game selama self-quarantine. Bahkan berdasarkan laporan dari Verizon, di Amerika Serikat sendiri, 75% orang pada main game selama self-quarantine.

Jadi gak begitu mengherankan jika WHO kini justru mendukung masyarakat untuk mengoptimalkan game. Terlebih ini adalah salah satu kegiatan sosial yang tidak membutuhkan interaksi orang secara langsung, tapi tetep seru kan?

Related Articles
Interest
Angka Kematian Coronavirus di Vietnam Nol, Ini 4 Rahasianya

Interest
Cara Membuat Masker Kain Tanpa Jahit ala CDC Amerika: Cuma Butuh Waktu 30 Detik!

Interest
Belajar dari Corona, Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Pandemi Selanjutnya?