Portrait

31 Maret Isaac Newton Meninggal, Ini 5 Fakta yang Mungkin Belum Kalian Tahu

Insani U.J

Posted on March 31st 2020

Hari ini 293 tahun yang lalu, atau ditolak 31 Maret 1727, dunia kehilangan ilmuwan terbaiknya: Sir Isaac Newton. Ilmuwan keren itu meninggal di usia 84 tahun di London, Inggris. Banyak fakta unik yang terjadi ketika sang ilmuwan hidup. Sejak ia lahir hingga dewasa. Berikut mainmain.id suguhkan 9 hal tentang Isaac Newton.

1. Masa kecilnya yang tak menyenangkan membuat Newton jadi tertutup

Newton lahir prematur tepat di perayaan Natal 1642 di rumah tangga, Woolsthorpe Manor, dekat kota Grantham, Inggris. Kelahiran bayi jenius ini hanya beberapa bulan setelah kematian sang ayah, seorang petani yang buta huruf.

Ketika Newton membuka tiga tahun, menikah dengan pendeta kaya, Barnabas Smith. Pria itu tidak mau punya anak tiri. Ibunya pun memilih tinggal bersama suami barunya di desa lain, sehingga Newton dipasrahkan ke kakek-neneknya.

Tak dekat dengan sosok ibu, Dibuat sang peneliti Tertutup. Saat si Newton remaja pernah membuat daftar dosa dan satu di terjemahan tertulis: "Mengancam ayah dan ibuku kalau aku akan membelikan mereka dan rumah mereka".

Tumbuh dewasa, Newton menyibukkan diri dengan pekerjaannya, tidak punya hobi dan tidak pernah menikah. Dia bahkan tetap diam tentang beberapa penemuan ilmiah dan matematikanya selama lebih dari-tahun.

 

2. Ibunya ingin jadi anak jadi petani

Di usia 12 tahun, Newton bersekolah di Grantham. Dia tinggal di rumah seorang apoteker karena Woolsthorpe Manor terlalu jauh. Awalnya, dia bukan siswa yang tangguh, namun lantaran sering diganggu, Newton mulai berjuang siswa lain dan dia pun berprestasi di sekolahnya.

Di usia 15 atau 16 tahun, dia diperintahkan untuk berhenti sekolah oleh izin (yang akhirnya menjanda untuk kedua kali). Newton pun kembali ke Woolsthorpe Manor untuk jadi petani.

Tapi si Newton remaja tak tertarik pada pekerjaan itu. Akhirnya, ibu Newton dibujuk oleh mantan kepala sekolah di Grantham agar kembali menyekolahkan kembali.

Singkat cerita, akhirnya Newton bisa kuliah. Ia melanjutkan kuliah ke Trinity College, Universitas Cambridge pada 1661. Akhirnya ia tak jadi petani.

 

3. Wabah Bikin Isaac Newton Menemukan Teori Gravitasi

"Kematian hitam" memberikan sumbangan kepada Isaac Newton tentang penemuannya yang paling terkenal

Pada 1665 terjadi wabah pes di Inggris. Universitas Cambridge pun menutup kegiatannya. Kejadiannya seperti saat ini, semua orang harus melakukan karantina sendiri. Kembali ke Woolsthorpe Manor.

Di sinilah kisah hidup paling terkenal dimulai. Suatu saat, Newton duduk di taman. Ia melihat sebuah apel jatuh dari pohon. Peristiwa itu yang meminta tanya-tanya. Dan dari sinilah tercetus hukum penyelesaian universal.

William Stokeley, yang kemudian dimasukkan ke dalam buku berjudul Memoir of Sir Isaac, Newton's Life yang diterbitkan pada 1752. (Baca juga: Kondisi Sosial, Malah Bikin Isaac, Newton, Temukan Gaya Gravitasi ).

 

4. Sebagai seorang profesor di Cambridge, kuliahnya jarang dihadiri

Pada 1669, Newton yang saat itu terpilih 26 tahun yang ditunjuk sebagai profesor matematika Lucasian di Cambridge. Itu termasuk universitas yang disetujui di dunia, didirikan sejak 1209. Newton adalah orang kedua yang memegang jabatan profesor Lucasian.

Meskipun dia tetap di Cambridge selama hampir 30 tahun, Newton tidak mengambil minatnya dalam mengajar, sehingga kuliahnya jarang dihadiri mahasiswa, sehingga tidak ada yang hadir sama sekali. Perhatian Newton terpusat pada penelitiannya sendiri.

 

5. Newton dianugerahi gelar kebangsawanan

Pada 1705, Newton dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Anne. Lantaran Newton harta kekayaan setelah mewarisi harta warisan setelah kematiannya pada 1679, serta telah menyetujui dua karya besar, "Prinsip-prinsip Matematika dari Filsafat Alami" 1687 (biasa disebut "Principia") dan "Opticks" pada 1704. Ia dimakamkan di Westminster Abbey , tempat peristirahatan raja-raja Inggris dan non-bangsawan terkenal seperti Charles Darwin, Charles Dickens, dan penjelajah David Livingstone. (*)

 

Related Articles
Entertainment
Inilah 5 Tokoh Legenda Yang Menghasilkan Karya Masterpiece di Masa Karantina

Current Issues
Kondisi Social Distancing Malah Bikin Isaac Newton Temukan Gaya Gravitasi

Portrait
Berkenalan Dengan Tirto Adhie Soerjo, Jurnalis Pertama Indonesia