Interest

4 Fakta dr. Tirta: 'Maestro' Cuci Sepatu yang Tengah Jatuh Sakit Melawan Corona

Delya Oktovie Apsari

Posted on March 29th 2020

dr. Tirta (Letter F)

 

"akun sang maestro cuci sepatu, bisa dipanggil cipeng, tukang umbah2 di @shoesandcare , ngurus cmmn, solevacation , tukutu, dokter hobi ngegas"

Begitu isi bio akun Twitter dr. Tirta @tirta_hudhi. Beliau memang sah-sah saja menyebut dirinya sebagai 'maestro' cuci sepatu, karena ia adalah pria di balik kesuksesan Shoes and Care, toko perawatan sepatu yang cabangnya menghiasi 17 kota di Indonesia.

 

Dari kebiasaan bersih-bersih koleksi sneakers di kos-kosan, dr. Tirta mengembangkan hobinya itu menjadi bisnis besar Shoes and Care. (Hipwee)

 

Selain karena pencapaian gemilangnya di dunia bisnis, belakangan dokter bernama lengkap Tirta Mandira Hudhi ini sedang ramai dibicarakan masyarakat. Dokter nyentrik berambut ungu ini tengah berada di garda terdepan melawan pandemi coronavirus COVID-19 sebagai relawan, hingga dr. Tirta mengumumkan dirinya jatuh sakit, Sabtu (28/3).

Ia mengumumkan kondisi kesehatannya yang makin menurun di Twitter maupun Instagram. Namun, dr. Tirta sendiri belum mengetahui apakah ia terinfeksi coronavirus COVID-19.

 

 

"Tetaplah semangat, biar efektif, saya skrng ke rumah sakit. sampai jumpa 7-14 hari lagi Semoga bisa lebih cepat Swabtest masih besok2. Saya masih baik2 aja. Jaya terus tenaga medis Indonesia."

"Sebelum saya ke rs, ssya smpt mengiirmkan apd ke rsup sardjito jogja + rs kramat 128. Sisanya akan dibantu JDN (junior doctor network) . Jangan nyerah bosku semua." Tulis dr. Tirta.


Penasaran bagaimana sepak terjang dr. Tirta sebagai relawan, pebisnis dan dokter? Scroll pelan-pelan, ya!

 

1. Naik daun usia mengkritik Atta Halilintar dan juru bicara pemerintah

(Tribunnews)

 

Nama dr. Tirta memang tak asing di jagat Twitter. Tetapi, di luar itu, kepopuleran dr. Tirta semakin meningkat usai menjadi bintang tamu acara televisi swasta. Ia tak segan melontarkan kritik pada Atta Halilintar, sampai juru bicara pemerintah soal penanganan coronavirus COVID-19.

dr. Tirta memang aktif mengedukasi followers-nya tentang coronavirus. Ia juga menjelaskan apa saja yang diperlukan untuk mencegahnya. Selain itu, dr. Tirta membentuk tim relawan yang mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) ke tenaga kesehatan yang membutuhkan, serta melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum.

 

Potret dr. Tirta yang ikut menyemprot disinfektan untuk mencegah penyebaran coronavirus COVID-19. (Dream)

 

Ia aktif memberikan update soal gerakannya itu secara detail di media sosial.

 

2. Gandeng anak jalanan sampai bekas napi

(Kompas)

 

Sebelum jadi bahan pembicaraan karena antusiasmenya terhadap coronavirus, dr Tirta tenar gara-gara kecintaannya terhadap sneakers. Bahkan, ia sempat vakum dari dunia kesehatan karena memilih menekuni Shoes and Care.

Pada sebuah episode YouTube Deddy Corbuzier, dr. Tirta menyebut 60 persen pegawainya di awal, terdiri dari anak putus sekolah, anak jalanan, anak punk dan kaum marjinal.

 

3. Tolak beasiswa di Belanda dan Jerman

 

Guru Besar Universitas Gadjah Mada, almarhum Prof Iwan Dwiprahasto sendiri yang menawarkan beasiswa tersebut pada dr. Tirta. Namun, dr. Tirta menolaknya karena ia merasa belum siap S2 di luar negeri dan lebih ingin merasakan bekerja di IGD.

Pria asal Karanganyar, Solo, Jawa Tengah tersebut kuliah di Fakultas Kedokteran UGM sejak tahun 2009 dan lulus pada 2013 lalu.

 

4. Kuliah sambil jual gorengan

Ketika tampil di kanal YouTube Rico Huang, dr. Tirta menceritakan pengalamannya berjualan gorengan semasa kuliah. "Gua melihat kuliah pagi, mereka (mahasiswa) nggak ada yang sempat serapan. Akhirnya gua punya ide jualan gorengan. Ludes gorengan gua," ujar Tirta.

Semoga cepat sembuh, dr. Tirta! Yuk, upayakan juga untuk mengikuti imbauan dr. Tirta supaya kita bisa memenangkan pertarungan atas pandemi ini! (*)

Related Articles
Interest
Tetap Tenang! Tingkat Kesembuhan Corona di Dunia Kini Semakin Tinggi

Entertainment
Selena Gomez Donasi Lawan Corona untuk RS yang Menyelamatkan Hidupnya

Interest
Tangkal Coronavirus, Ini 5 Rekomendasi Hand Sanitizer dengan Harga Terjangkau