Interest

Apple Luncurkan Aplikasi dan Situs untuk Deteksi Dini Covid-19

Dwiwa

Posted on March 29th 2020

Apple baru saja meluncurkan situs dan aplikasi iOS yang bisa digunakan untuk melakukan deteksi dini Covid-19.

Situs dan aplikasi cek mandiri ini merupakan hasil kerja sama dengan Gedung Putih, Pusat Penanganan dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan the Federal Emergency Management Agency (FEMA) Amerika Serikat.

Kalian bisa menggunakan keduanya untuk screening awal. Situs dan aplikasi ini akan membantu apakah kalian harus melakukan tes Covid-19 atau membutuhkan penanganan medis yang lebih lanjut.

Setiap orang dari belahan dunia bisa menggunakan peralatan tersebut. Hanya saja, nomor kontak yang tertera hanya ditujukan untuk warga Amerika saja. Artinya, jika hasil yang diperoleh merekomendasikan untuk melakukan tes atau membutuhkan penanganan lebih lanjut, kalian bisa menghubungi rumah sakit maupun nomor darurat setempat.

Penggunaan aplikasi dan situs ini juga terbilang sangat mudah. Kalian cukup mendownload aplikasi di AppStore atau mengunjungi situs resmi Apple. Akan ada serangkaian pertanyaan yang harus dijawab.

Pertanyaan tersebut berkaitan dengan gejala yang mungkin dirasakan, usia, riwayat penyakit, kemungkinan terjadinya paparan dari orang sekitar, dan juga riwayat perjalanan dalam beberapa minggu terakhir.

Ketika semua sudah diisi, aplikasi kemudian akan memberikan hasil sesuai dengan kondisi kalian saat ini. Jika memang memiliki risiko rendah, situs akan tetap memberikan sejumlah informasi tentang cara melindungi diri dari penyebaran virus ini.

Di antaranya adalah mempraktekkan social distancing (yang oleh WHO sudah diubah dengan istilah physical distancing), mencuci tangan dan juga yang lainnya. Agar hasilnya lebih akurat, dibutuhkan kejujuran dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.

Alat deteksi mandiri ini bisa digunakan siapa saja tanpa harus memiliki akun Apple. Hasil yang diperoleh pun tidak akan dikirimkan kepada Apple ataupun organisasi pemerintah lainnya.

Diluncurkannya situs milik Apple ini menambah daftar situs terpercaya  terkait informasi Covid-19 yang dapat diakses publik. Sebelumnya Google juga sudah mengeluarkan situs online terkait informasi virus Corona.

Artikel Terkait
Interest
Google Update Maps-nya untuk Permudah Cari Layanan Kesehatan Online

Current Issues
Aplikasi Covid-19 WHO Dirlis Bulan Ini, Bisa Dimodifikasi Negara Lain

Interest
Tak Hanya Nyawa, Pandemi Covid-19 Juga Bisa Bunuh Privasi