Entertainment

Yuk Tiru #DiRumahAja Versi Emma Watson

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 28th 2020


(Popbela.com)

Merebaknya Covid-19 di seluruh penjuru dunia membuat berbagai negara mengimbau masyarakatnya untuk tetap di rumah melakukan self-quarantine. Imbauan ini bertujuan memutus penyebaran virus dengan menghindari kontak dengan orang-orang di sekitar kita.

Nah, salah satu aktris dunia, Emma Watson juga mendukung gerakan di rumah aja alias stay at home lho! Melalui akun Instagramnya yang memiliki lebih dari 55 juta pengikut, ia memposting foto challenge #IStayHomeFor dirinya dengan tulisan “Aku tetap berada di rumah untuk nenekku, ibuku dan sahabatku". Kira-kira kenapa ya? 

 

Emma Watson berkata, “Nenekku sudah berusia lebih dari 70 tahun dan kesehatannya cukup rentan, lalu ibuku memiliki diabetes tipe 1, dan sahabatku adalah seorang tenaga medis. Aku tetap berada di rumah untuk mereka.” Di caption-nya ia juga bertanya pada followers-nya, untuk siapa kalian tetap berada di rumah?

Tindakan Emma ini memang benar lho! Untuk orang yang berusia lanjut dan memiliki penyakit bawaan memang lebih rentan terhadap paparan Coronavirus. Tapi bukan berarti yang muda-muda gak bisa terjangkit ya! Justru yang muda-muda bisa menjadi carrier atau pembawa virus sehingga bahaya banget kalau kita gak tetap berada di rumah.

 


Tips Dari Emma Watson (@emmawatson)

Selain memposting challenge #IStayHomeFor, ia juga berbagi tips yang ia dapat dari Michelle Obama tentang bagaimana membantu lingkungan sekitar kita di masa-masa sulit seperti sekarang.

Yang pertama, “Hubungi orang-orang tua yang kamu kenal dan tawarkan bantuan ke mereka, seperti membacakan cerita atau mengajari anak-anak mereka,” kata Emma melalui ilustrasi yang ia repost dari Instagram @michelleobama.

Kalau kalian punya kemampuan untuk menghibur atau mengajar anak-anak, boleh banget lho kalian lakukan untuk membantu anak-anak! Tapi jangan ke keramaian ya, tetap di rumah aja.

(@emmawatson)

Tips kedua, bantu orang-orang yang tetap bekerja atau memberikan pelayanan di masa-masa sekarang. Mulai dari pengantar paket, ojek online, layanan antar makanan, atau kasir kalau kalian ke supermarket buat belanja kebutuhan.

Kita bisa bantu mereka dengan memberikan tip yang lebih besar dari biasanya karena di situasi sekarang perekonomian sedang sulit. Atau kalau kamu pesan makanan lewat ojek online, kamu bisa belikan ojeknya juga seporsi makanan buat membantu mereka. Chef Arnold sudah melakukan ini lho untuk membantu mereka!


Chef Arnold Membantu Ojek Online 


(Instagram @emmawatson) 

Yang ketiga ini skalanya lebih besar sih, tapi kalau kalian mampu gak ada salahnya lho. Kamu bisa berdonasi untuk makanan untuk dibagikan ke yang membutuhkan.

Kalau di Indonesia sekarang yang dirasa paling urgent adalah tenaga medis nih. Beberapa artis yang punya bisnis makanan berdonasi makanan mereka untuk disalurkan ke rumah sakit yang menangani kasus virus ini. Salah satunya selebgram Rachel Vennya yang mengirimkan bisnis makanan ikan crispynya ke beberapa rumah sakit lho!


Bisnis Kuliner Milik Selebgram Rachel Vennya 


(Instagram @emmawatson) 

Dan yang terakhir adalah, “Cintai dirimu sendiri dengan beristirahat. Wajar untuk merasa khawatir dan takut. Sangat wajar untuk meminta pertolongan orang lain. Kita bisa melalui ini semua dengan saling membantu satu sama lain.”

Beristirahat di sini bukan cuma istirahat fisik alias tidur, tapi juga istirahat mental. Kalau kalian terus menerus merasa khawatir dengan berita tentang virus sekarang ini, ambil rehat sejenak dari segala media sosialmu.

Salah satu cara menjaga imun tubuh kita adalah menjaga kesehatan mental kita terbebas dari stres dan khawatir berlebih, sehingga ada baiknya mengambil rehat dari segala sosial media jika memang berdampak buruk buat kesehatan mentalmu.

Kalau kalian merasa kesepian di tengah masa self-isolation ini, jangan ragu untuk hubungi teman-temanmu untuk tetap bersosialisasi ya! Sangat wajar juga untuk mengungkapkan kekhawatiranmu agar kamu bisa merasa lebih lega.

Nah, itu dia tips Emma Watson di masa stay at home kayak sekarang, Yuk, ikuti tipsnya! Mulai dari yang simpel dan kamu bisa aja. Jangan lupa, tetap di rumah dan jaga kesehatan ya!(*)

Related Articles
Entertainment
#StayAtHome, Intip Serunya Live Instagram Shawn Mendes dan Camila Cabello!

Current Issues
Bikin Gratitude Journal Selama Self Isolation, Nih 7 Aplikasi yang Bisa Dicoba

Opinion
7 Kebiasaan Baru Milenial dan Generasi Z Gara-gara Coronavirus