Interest

Indonesia Dipilih Korea Selatan sebagai Penerima Utama Ekspor Test Kits Covid-19

Dua negara lain adalah Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab

Insani U.J

Posted on March 28th 2020

Amerika Serikat, Uni Emirat Arab (UEA), dan Indonesia masuk ke daftar negara prioritas yang direncanakan akan menerima kebutuhan penanggulangan dari Korea Selatan terkait pandemi Covid-19.

Melansir Yonhap News Agency, seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Korea Selatan memberikan pernyataan itu sehari seusai pemerintah menyelenggarakan pertemuan pertama kelompok antarlembaga dalam pembahasan keseimbangan antara permintaan domestik dan ekspor atau barang-barang karantina.

Setidaknya 117 negara sudah membidik negara bernama lain Hanguk tersebut untuk mengimpor test kits Covid-19 dan kebutuhan lainnya, baik lewat pemerintahan maupun swasta.

"Negara yang paling kami dahulukan adalah Amerika Serikat, lantaran lonjakan angka penularan dan Presiden Donald Trump juga sudah meminta sendiri kepada kami. Selain itu mereka belum melarang masuknya warga kami, dan telah bersepakat terkait pertukaran mata uang dengan Korea Selatan," kata pejabat tersebut.

Lalu alasan mengapa UAE terpilih, lantaran negara berlimpah minyak bumi itu bisa diajak kerja sama di berbagai sektor. Dan Indonesia, adalah kunci dalam menjalankan Kebijakan Baru bagian Selatan (New Southern Policy) yang dicetuskan oleh Seoul. Kebijakan baru ini bertujuan meningkatkan hubungan Korsel dengan 10 negara anggota ASEAN.

Meskipun menimbulkan polemik atas keputusan ekspor ini, pejabat tersebut menyatakan: Keputusan apa pun terkait ekspor hanya bisa direalisasikan bila negeri sendiri sudah dipastikan tak kekurangan.

"Kami membentuk kelompok (antarlembaga), berpikir bahwa pemberian bantuan tak hanya memperkenalkan segi diplomatik tetapi juga dari segi ekonomi, dan memperbesar kekuatan negara kita, dalam hal ini kebutuhan penanggulangan terkait karantina (Covis-19)," terangnya.

Sebagaimana diketahui, ada 31 dari 117 negara, sudah menghubungi pemerintah Seoul untuk mengimpor kebutuhan Covid-19 dan 30 negara meminta bantuan terkait hal yang sama.

Lalu 20 negara mengharapkan keduanya, baik impor barang-barang tersebut maupun menerimanya sebagai bentuk bantuan. Sementara 36 negara lainnya sudah membidik lewat kerjasama sektor sipil.(*)

Related Articles
Interest
Fakta Tentang Shincheonji Church, Sumber Penyebaran Coronavirus di Korea Selatan

Current Issues
Penelitian: Penularan Virus Corona Lebih Mungkin Terjadi di Rumah

Current Issues
Tidak Hanya Manusia, Coronavirus Juga Mulai Infeksi Harimau