Current Issues

Atasi Covid-19, Pemerintah Ethiopia Berikan Pengampunan 4.000 Napi

Surya Dipa Nusantara

Posted on March 27th 2020

Persebaran virus Covid-19 kian tak terbendung. Se-antero dunia tengah berperang melawan pandemi itu. Salah satunya adalah benua Afrika. Di Ethiopia misalnya, pemerintah memiliki cara unik untuk meredam virus korona. Presiden Ethiopia, Sahle-Work Zewde, lewat akun twitternya mengatakan bahwa ia akan melepas 4.000 narapidana demi meredam persebaran virus tersebut.

“Untung mengurangi kepadatan di dalam penjara dan mencegah penyebaran Covid-19, sesuai dengan pasal 71 ayat 7, kami memutuskan untuk memberikan pengampunan kepada 4011 narapidana yang dipenjara karena kejahatan ringan. Yang masa tahanannya di bawah tiga tahun, akan dibebaskan,” cuit Zewde, lewat akun twitter resminya.

Hingga artikel ini diturunkan, tercatat telah terjadi 12 kasus Covid-19 yang terjadi di Ethiopia. Untuk mengatasi agar wabah tak semakin menjadi, pihak berwenang telah mencangkan sejumlah peraturan seperti larangan berkerumun, dan memastikan jarak fisik antar penumpang di transportasi umu. Perbatasan pun ditutup, satu-satunya yang diperbolehkan masuk adalah mengirim barang-barang penting seperti obat-obatan dan makanan.

Ethiopia meluncurkan National Resource Mobilization Committee untuk menggalang dana dan tenaga, untuk persiapan menghadapi ‘skenario terburuk’. Menurut Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed, gerakan ini dilakukan untuk meredam kepanikan masyarakat, dan mempersiapkan kondisi darurat nasional.

“Kami juga mendapat sokongan dana dari miliader dari Tiongkok, Jack Ma. Bantuan itu berupa survival kit, dan obat,” tandasnya.

Ia pun juga mengatakan, bahwa pemberian grasi atas 4.011 narapidana itu juga merupakan salah satu langkah pemerintah untuk meredam persebaran virus korona. Karena, situasi lapas yang jauh dari layak, disinyalir bakal memicu persebaran virus dengan lebih cepat.(*)

Related Articles
Current Issues
Musim Panas Datang, Akankah Virus SARS-Cov-2 Jadi Tak Berdaya?

Current Issues
Meski Sedang Uji Coba, Peneliti Inggris Siap Produksi Satu Juta Vaksin Covid-19

Current Issues
Lockdown Berakhir, Begini Cara Warga Wuhan Bisa Beraktivitas Normal