Interest

Petugas Medis Banyak yang Diusir, AirBnB Siapkan 100 ribu Kamar Gratis

Hani Ayu Rahmatiah

Posted on March 27th 2020

reuters

Tindakan mulia dilakukan Airbnb. Di saat banyak petugas medis dikucilkan masyarakat karena mereka takut tertular, Airbnb bereaksi cepat. Mereka menyiapkan 100 ribu kamar gratis untuk petugas medis di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Menariknya, Airbnb tak hanya menyediakan kamar gratis, guys! Mereka juga menyiapkan protokol khusus untuk kamar para petugas medis itu agar mereka juga steril. Protokol khusus itu disiapkan bersama Palang Merah Internasional, perusahaan medis internasional dan grup non-profil lainnya.

Kebijakan ini tak hanya untuk para petugas medis, tapi juga untuk para host --pemilik tempat sewaan-- yang jadi mitra Airbnb. Bagi para host yang menginginkan kamar yang mereka sewakan mendapat protokol yang sama, juga bisa didapat dari Airbnb. Semuanya diberikan Airbnb tanpa biaya tambahan. Jadinya drama usir-mengusir akibat takut akan resiko penularan Covid-19 dari para petugas medis gak akan perlu terjadi di AirBnb .

Airbnb ini sudah melancarkan pilot project mereka ini di Italia dan Perancis. Hal ini mereka lakukan karena adanya permintaan dari para host agar mereka bisa berkontribusi menangani Covid-19.

Para host itu ingin memberikan space yang mereka punya kepada tenaga medis, tapi dengan jaminan keamanan. Dari situ akhirnya AirBnB berusaha mewujudkannya. Sebanyak 6000 kamar dipersiapkan untuk tempat tenaga medis dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kebijakan ini tentu ditunggu di Indonesia. Sebab di negeri ini sejumlah pemilik kos menolak para petugas medis. Akhirnya, pemerintah dan sejumlah pihak swasta pun menyediakan hotel khusus.

Tidak hanya protokol secara teknis yang disiapkan Airbnb. Terdapat juga peraturan praktis seperti jarak waktu pergantian tamu harus minimal 72 jam dan melakukan physical distancing selama menginap yang diterapkan.

AirBnb juga menyiapkan penggalangan dana untuk mereka yang ingin menyumbang dalam kegiatan penanganan Covid-19. Nantinya dana yang disumbangkan akan digunakan untuk mengoptimalkan protokol anti Covid-19 di kamar-kamar tambahan khusus petugas medis.(*)

Related Articles
Interest
Ngobrol bareng Pembuat APD Surabaya, Kebut 215 Set Hanya dalam 2 Malam

Interest
Pegawai Positif Coronavirus, Pusat Penelitian NASA Wajibkan Kerja dari Rumah

Interest
Akibat Coronavirus, 6 Tempat yang Biasanya Penuh Sesak jadi Sesunyi Ini