Current Issues

Google Maps Membuktikan Bahwa Bumi itu Bulat

Wahai kaum Flat Earth Society, berkumpul lah!

Fidya Citra

Posted on August 6th 2018

Google mengumumkan pada Minggu lalu bahwa dalam pembaharuan terkini Google Maps,  Google Maps akan menggambarkan bumi dalam bentuk globe setelah sebelumnya ditampilkan dalam bentuk flat alias datar.

Perubahan tampilan ini bisa terlihat dengan mudah saat kamu men-zoom-out Google Maps. Di situ bumi terlihat dalam bentuk seperti globe.

Perubahan ini nggak berusaha menunjukkan bahwa Google Maps bukan bagian dari flat earth movement, namun yang pasti perubahan ini akan sangat bermanfaat untuk eksplorasi maupun edukasi.

Misalkan, tadinya dalam flat map ukuran Greenland diproyeksikan sebesar atau bahkan lebih besar dari ukuran benua Afrika. Nah, dalam Google Maps yang terbaru proyeksi tersebut berubah karena faktanya Greenland jauh lebih kecil dibanding Afrika. Dengan ukuran Greenland 2,1 juta kilometer persegi, sementara Afrika berukuran 30,3 juta kilometer persegi.

Meskipun memiliki tujuan baik dalam penyempurnaan peta untuk ilmu pengetahuan. Tentu keputusan Google ini menimbulkan respon nyinyir bagi kaum Flat Earth Society. Seperti dalam Twitternya, Flat Earth Society menyatakan "Proyeksi merkator tidak akurat, begitu juga globe - tidak ada yang berubah".

What does this have to do with us? Mercator was inaccurate, and so is the globe - nothing has changed.

 

Related Articles
Interest
'Putus' dengan Google Maps Akibat Perang Dagang, Huawei Gandeng TomTom

Current Issues
Perubahan Iklim Bikin Virus Makin Kuat, Manusia Tambah Lemah

Current Issues
On This Date: 14 Februari 2005, YouTube Bermula dari Situs Kencan Online