Current Issues

Bikin Gratitude Journal Selama Self Isolation, Nih 7 Aplikasi yang Bisa Dicoba

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 26th 2020

 

 

 

 

 

 

(mindful.org)

 

Di masa-masa dunia yang sulit kayak beberapa bulan terakhir, rasanya banyak banget perubahan yang bikin kita banyak mengeluh. Melihat coronavirus yang makin memakan banyak korban juga bisa bikin kita khawatir berlebih dan takut.

Atau sekolah jarak jauh yang justru membuat kita makin sulit belajar karena tugas yang menumpuk. Terkadang, kita jadi susah banget buat bersyukur karena kelihatannya semua hal di hidup kita semuanya berubah negatif.

Di masa self-isolation berita-berita negatif memang lebih mudah kita dapat karena kita gak berkegiatan seperti biasanya. Gak ada kegiatan yang mengalihkan perhatian kita sehingga berita-berita negatif punya kekuatan untuk memengaruhi kesehatan mental kita. 

Tapi, ada penelitian yang menunjukkan kalau ternyata rasa syukur bisa meredakan stress menurunkan depresi, meningkatkan kualitas tidur, dan membuat kamu lebih bahagia! Cocok banget kan di masa-masa dunia kayak gini?

Dilansir dari teenvogue.com, beberapa penelitian menunjukkan kalau menuliskan beberapa kalimat bersyukur atau gratitude bisa meningkatkan kondisi mental kamu lho! Gak perlu yang susah, kamu bisa bersyukur tentang hal kecil.

Misalnya kamu dapat kuota gratis atau bisa belanja camilan ke minimarket. Kadang kita gak sadar kalau apa yang kita dapat itu belum tentu bisa diraih orang lain, sekecil apa pun itu.

Nah, ketika kamu menulis beberapa kalimat bersyukur, perhatianmu akan teralih dari berita-berita negatif ke hal-hal kecil yang bisa mengingatkanmu kalau harapan itu masih ada. Jadi, daripada fokus ke hal negatif terus, mendingan cari hal positif yang kita dapat!

Nah, kalimat bersyukur ini bisa kamu tulis di gratitude journal setiap harinya agar kamu ingat tentang hal-hal sederhana yang bisa disyukuri di hari-hari kurang baik. Tapi, malas banget buat menulis? Tenang, kamu bisa pakai aplikasi jurnal untuk menulis gratitude journalmu. Cek nih 7 aplikasi gratitude journal di bawah ini!

 

1. Presently

 

 

Aplikasi jurnal satu ini simpel banget. Dengan tone warnanya yang nyaman di mata kamu bisa isi apa yang kamu syukuri hari ini. Di sini di sediakan juga pertanyaan arahan yang lebih spesifik biar kamu gampang buat menemukan hal-hal yang bisa kamu syukuri.

 

 

 

Kamu juga bisa mengunci aplikasi ini biar privasimu terjaga, jadi kayak buku harian gitu deh! Di bagian bawah aplikasi juga ada quotes tentang bersyukur yang terus berganti. Aplikasi ini cocok buat kamu yang gak bisa nulis Panjang dan pengin hal yang simpel aja.

 

2. Bliss

 

 

Mirip dengan aplikasi sebelumnya, di aplikasi ini kita bisa tulis apa yang kita syukuri, tapi kamu bisa pilih sub-topiknya dulu mulai dari bersyukur tentang orang (honoring people) hingga tiga hal baik yang bisa disyukuri. Kalau gak ada topik yang sesuai, kamu bisa pilih gratitude exercise.

 

 

 

Aplikasi ini cocok buat kamu yang detail dan pengin mengelompokkan rasa syukur kamu ke topik-topik tertentu. Di tiap topik juga ada arahan dan contoh kalimat biar kita gak bingung!

 

 

 

3. Dreamfora

 

 

Pertama install aplikasi, pasti terkesan sama tampilannya yang cantik banget! Nah selain tampilannya yang cantik, aplikasi ini juga agak berbeda dari jurnal lain. Di sini kita bisa menentukan mimpi (dream) kita untuk dicapai. Mimpi di sini bisa cita-cita atau sekadar target seperti diet atau menjadi lebih sehat. Setelah pilih dream, kita akan dapat task dan habit. Task ini seperti tugas yang harus kita lakukan untuk mengejar dream. Kalau habit adalah kebiasaan yang perlu kita bentuk untuk mencapai dream.

 

Beranda Dreamfora

 

Contoh Dream yang bisa dipilih

 

Misalnya kamu pilih dreamProtect myself from Coronavirus Disease 2019 (COVID-19)”. Kamu bakal dapat task untuk mencari tahu asal-usul Coronavirus dan cara penyebarannya. Kamu bisa tulis hasil pencarianmu di task itu. Kamu juga bisa tulis tentang apa yang kamu syukuri tentang Coronavirus. Terus kamu juga dapat beberapa habit, salah satunya rutin mencuci tangan. Nah di habit itu kamu bisa menandai hari dan membuat catatan ketika kamu melakukan habit itu. Banyak task dan habit lain juga yang bisa kamu lakukan selama dua bulan. Untuk tiap dream, waktunya berbeda ya!

 

Contoh Task

 

Contoh Habit

 

4. Delightful

 

 

Kalau kamu gak bisa nulis lama dan Panjang, coba deh aplikasi ini. Di sini cara kerjanya sederhana, kamu tinggal bikin jurnal per hari dan isi tiga baris pertanyaan yang ada. Kalau kamu gak mau ikut pertanyaannya juga boleh, isi aja sesuai apa yang kamu syukuri hari ini.

 

Tampilan Delightful

 

Setelah selesai, kamu bisa lho membagikan jurnalmu dalam bentuk surat bersyukur! Siapa tahu kamu mau menginspirasi yang lain untuk ikutan bikin gratitude journal!

 

Jurnal yang bisa dishare

 

5. Gratitude

 

 

Aplikasi satu ini juga sederhana, mirip seperti aplikasi note umumnya. Kalau kamu bingung apa yang harus disyukuri, ada menu ideas yang berisi hal-hal yang bisa disukuri. Tinggal pilih yang sesuai dan tulis deh! Di sini kita bisa menambahkan satu foto pendukung juga lho!

 

Contoh ide dan tampilan jurnal Gratitude

 

Kalau kamu mau bilang terima kasih ke orang lain, kamu bisa bikin letter of gratitude. Caranya sama kayak bikin jurnal biasa, tinggal ditambahin orang yang dituju. Nanti kalau kita pilih share, tulisan kita akan otomatis berubah jadi letter of gratitude deh! Simpel banget kan?

 

Letter of Gratitude yang bisa dishare

 

Selain nulis jurnal, kamu juga bisa nulis kalimat affirmation untuk memotivasi dirimu sendiri. Selain itu, ada quotes juga di menu daily zen. Sederhana tapi lengkap!

 

Daily Affirmation

 

Daily Zen

 

6. Reflectly

 

 

Kalau kamu orang yang estetik banget, coba deh aplikasi satu ini. Reflectly punya user interface yang keren dan minimalis. Ditambah lagi arahannya jelas dan asyik banget! Sehari kamu bisa tulis satu jurnal dan di sini fiturnya lengkap. Pertama kamu pilih dulu emoticon yang menggambarkan harimu terus cerita deh detail apa aja yang kamu rasakan dan bisa kamu syukuri.

 

Memilih mood untuk jurnal

 

Mengisi Jurnal di Reflectly

 

Jurnal kamu gak ditampilin dalam bentuk list biasa lho, tapi dibentuk seperti album yang memanjakan mata banget deh!

 

Tampilan Jurnal di Reflectly

 

Setelah 6 hari, kamu bisa melihat statistik moodmu dari emoticon jurnal yang kamu pilih. Bisa jadi bahan refleksi deh! Pokoknya bagus banget buat kamu yang pengin aplikasi jurnal yang fiturnya lengkap.

 

7. ThinkUp

 

 

Kalau kamu lebih suka menuangkan isi hati secara lisan, aplikasi ini buat kamu! Di sini kamu gak akan menemukan kolom untuk menulis tapi kamu bisa merekam suaramu sendiri. Lah, kok merekam suara? Nah, aplikasi ini menyediakan kalimat-kalimat bersyukur dan self-affirmation untuk kamu rekam dengan suaramu sendiri. Disediakan juga backsound biar pesan kalimatnya makin kerasa.

 

Kalimat Afirmasi dan Cara Merekam di ThinkUp

 

Setelah direkam, kamu bisa mendengar suaramu sendiri nih! Menurut aplikasinya, kalau kamu rutin mendengarkan kalimat positif dari suaramu sendiri, kamu akan membentuk mindset positif yang bertahan lama. Keren ya idenya?

 

 

Di sini banyak topik yang bisa dipilih sehingga kalimatnya gak itu-itu aja. Kamu bisa pilih sesuai kebutuhanmu deh!

 

Beragam Topik di ThinkUp

 

Nah, itu dia tujuh aplikasi untuk melakukan gratitude journal. Daripada stress di rumah aja, mendingan cobain salah satunya deh. Jaga kesehatan dan selalu bersyukur ya!

Related Articles
Interest
8 Ide Kado Buat yang Berulang Tahun pada Masa Self-quarantine

Opinion
7 Kebiasaan Baru Milenial dan Generasi Z Gara-gara Coronavirus

Entertainment
Yuk Tiru #DiRumahAja Versi Emma Watson