Entertainment

5 Rekomendasi Film Indonesia di Netflix yang Berdasarkan Kisah Nyata

Delya Oktovie Apsari

Posted on March 26th 2020

Film 'Guru Bangsa Tjokroaminoto'.

 

Menikmati #DiRumahAja emang paling enak rebahan sambil nonton Netflix! Kalau kamu kehabisan ide nih mau nonton film apa yang seru, Mainmain punya rekomendasi lima film Indonesia berdasarkan kisah nyata yang ada di Netflix. Mulai dari kisah cinta, perjuangan, sampai tentang ibu, semuanya ada di film-film ini!

 

1. Habibie & Ainun

 

Habibie & Ainun terinspirasi dari kisah nyata cinta antara Presiden Indonesia ke-3 B. J. Habibie dan istrinya, Ainun.

Habibie (Reza Rahadian) adalah sosok yang jenius dalam bidang pesawat, sedangkan Ainun (Bunga Citra Lestari) merupakan dokter yang cemerlang. Dalam film ini, kita akan melihat perjuangan pasangan ini melawan kejamnya kehidupan di Jerman, hingga godaan kekayaan serta kekuatan yang ditawarkan Tanah Air.

 

2. Guru Bangsa Tjokroaminoto

 

Raden Oemar Said Tjokroaminoto alias Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto (Reza Rahadian) muncul sebagai penyelamat rakyat usai era tanam paksa di akhir tahun 1800an. Kala itu, kemiskinan masih menggerogoti, dan jumlah rakyat yang berpendidikan masih segelintir. Bahkan, kesenjangan sosial antar etnis dan kasta juga terlihat jelas.

Tjokroaminoto yang merupakan bangsawan Jawa tak mampu berpaling dari kondisi ini. Ia pun berjuang untuk pendidikan rakyat dan rela meninggalkan status kebangsawanannya.

 

3. Gie

 

Soe Hok Gie (Nicholas Saputra) terlahir di keluarga Tiongkok-Indonesia kelas menengah-bawah. Film ini berdasarkan diary Catatan Seorang Demonstran yang ditulis sendiri oleh Gie.

Sejak remaja, Gie sudah tertarik pada konsep dan idealisme yang ditawarkan intelektual dunia. Ia pun tumbuh menjadi sosok aktivits dan pecinta alam, mengenyam pendidikan tingginya di Universitas Indonesia.

Kita bakal disuguhkan kisah bagaimana Gie menyuarakan aspirasinya terhadap pemerintahan Presiden Soekarno, yang menurutnya telah membuat rakyat miskin dan kelas bawah makin terpuruk.

 

4. Sokola Rimba

 

'Sokola Rimba; bercerita tentang kegigihan Butet Manurung (Prisia Nasution) dalam mengejar passion-nya: mengajar baca-tulis-hitung pada Orang Rimba. Orang Rimba adalah suku anak dalam yang tinggal di hulu sungai Makekal di hutan bukit Duabelas.

 

5. Athirah

Film 'Athirah' diadaptasi dari novel semi-biografi Athirah Kalla, ibu dari Jusuf Kalla, karya Alberthiene Endah.

Film ini menceritakan kisah Athirah dan masa muda Jusuf Kalla. Athirah dilanda kegetiran ketika suaminya menikahi perempuan lain. Namun, lingkungan dan budaya yang melingkupi Athirah menganggap wajar hal ini terjadi.

Athirah pun berusaha mempertahankan keutuhan keluarganya sambil melawan perasaannya. Sedangkan anak laki-laki tertuanya, Ucu alias Jusuf Kalla, tak tahu pada siapa ia harus berpihak. (*)

Related Articles
Pop-Sci
Mengenal Soe Hok Gie, Aktivis Indonesia yang Juga Pecinta Alam

Entertainment
Ashraf Sinclair Meninggal Dunia, BCL Dampingi Jenazah ke Rumah Duka

Entertainment
Trailer 'Habibie & Ainun 3' Kisahkan Kepopuleran Ainun di Kampus Kedokteran