Entertainment

Bisnis Ramen Seungri eks Big Bang, Aori Ramen, Telah Bangkrut

Delya Oktovie Apsari

Posted on March 26th 2020

Seungri eks Big Bang berpose di depan salah satu cabang Aori Ramen. (Koreaboo)

 

Bisnis franchise Aori Ramen milik Seungri eks Big Bang akhirnya bangkrut.

Sebelumnya, Aori Ramen yang termasuk dalam Aori FNB alias Factory N, sudah mengalami kesulitan penjualan sejak skandal Burning Sun yang melibatkan Seungri terungkap. Namun, ditulis oleh Koreaboo, Aori Ramen tak mampu lagi bertahan akibat pandemi coronavirus COVID-19 serta pemboikotan produk Jepang yang dilakukan warga Korea Selatan.

Menurut pengadilan pada Kamis (26/3), Factory N mengumumkan kebangkrutan pada pengadilan Kepailitan Seoul, Selasa (24/3). Langkah ini untuk menyatakan kebangkrutan karena utang perusahaan melebihi nilai total asetnya.

Alasan terbesar mengapa Factory N mengajukan kebangkrutan adalah 'Seungri Owner-Risk'. Perusahaan itu mengatakan, skandal Seungri dengan Burning Sun menyebabkan penjualan terus menurun.

Selain itu, boikot 'No Japan' juga disebut sebagai alasan kebangkrutan. Kesulitan ekonomi yang mereka rasakan telah membuat perusahaan semakin sulit untuk membayar utangnya.

Factory N telah meminta pengadilan untuk status kepailitan, dan berkata akan menghentikan proyek Aori Ramen. Hingga kini, beberapa cabang Aori Ramen memang masih beroperasi, tetapi semuanya akan tutup nantinya. Ini termasuk cabang luar negeri layaknya di Malaysia dan Tiongkok.

Pengadilan Kepailitan Seoul akan melihat apakah Factory N telah objektif dalam keputusan mereka, apakah mereka benar-benar tidak dapat membayar kembali utangnya, atau hanya sementara memiliki utang melebihi aset mereka. Jika deklarasi kebangkrutan Factory N diterima, masing-masing kreditor tidak akan dapat memaksa Factory N untuk membayar hutang mereka. Sebaliknya, petugas akan secara adil mengalokasikan sisa aset perusahaan kepada kreditor.

Sebelumnya, pada bulan Maret 2019, setelah skandal Burning Sun terungkap, Aori Ramen memutuskan hubungan mereka dengan Seungri dengan harapan mendapatkan kembali pelanggan mereka. Namun, tampaknya langkah ini tidak berhasil. (*)

Related Articles

Entertainment
Fans Klaim Seungri Tidak Bersalah, Desak Media #ApologizeToSeungri

Entertainment
Penuh Prestasi dan Tragedi, Inilah Lima Berita K-Pop Terpopuler 2019