Pop-Sci

Rencanakan Liburan? Cek-Cek Google Dulu Yuk, Siapa Tahu Masih Merah

Drian Bintang

Posted on March 26th 2020

Salah satu industri yang terpukul akibat pandemi Covid-19 adalah industri wisata. Sudah banyak reservasi hotel, pesawat, dan berbagai macam wahana yang harus dibatalkan. Karena negara asal mereka melakukan isolasi, atau bahkan negara yang dituju sedang melakukan lockdown. Untuk mengurangi kemungkinan tersebut, Google melengkapi aplikasinya dengan peringatan Covid-19.

Jadi bagi kalian yang sudah merencanakan akan kemana setelah bencana dunia ini berakhir, Google menyarankan untuk merencanakan terlebih dahulu liburan kalian. Mulai dari tempat mana yang akan kalian tuju, hingga tiket pesawat mana yang masih memberikan keleluasaan penumpangnya untuk membatalkan tiketnya sewaktu-waktu.

Untuk mencari lokasi mana yang aman untuk dikunjungi, cukup masukkan rute yang akan ditempuh di lokasi tempat kalian berlibur. Dalam rute tersebut, Google akan memberikan peringatan jika lajur tersebut atau negara yang kalian tuju masih memiliki kewaspadaan yang cukup tinggi akan Covid-19. Jadi siap-siap untuk mengubah rencana, jika sudah muncul notifikasi merah bertuliskan 'COVID-19 alert' di handphone kalian.

 


Hal yang sama juga bisa kalian lakukan dalam mencari tiket pesawat, atau hotel untuk menginap. Google akan segera memberikan kalian rekomendasi lokasi-lokasi hotel yang memberikan keleluasaan bagi pengunjungnya untuk reservasi. Misalnya, jika kalian ingin check-in di tempat dan memastikan di tanggal tersebut kalian bisa melihat ketersediaan kursi atau kamar yang ada.


Hotel dan Airline yang menawarkan fleksibilitas lebih, juga pasti memberikan keleluasaan kalian untuk melakukan pembatalan sewaktu-waktu. Mengingat ini sudah menjadi pandemi. Sudah banyak maskapai dan hotel yang sudah mengubah kebijakan mereka dalam membatalkan sebuah reservasi. Nah, algoritma Google diseting untuk memberikan kalian maskapai dan hotel yang memiliki lebih banyak fleksibilitas tersebut.

Related Articles
Interest
WHO Chatbot untuk Coronavirus Resmi Meluncur di WhatsApp

Pop-Sci
Polusi Di Eropa Turun Drastis Selama Pandemi Covid-19

Pop-Sci
Kesulitan Beli Masker? Bikin Sendiri Aja di Rumah, Gampang Kok