Pop-Sci

Di Brasil, McDonald's Ubah Logonya untuk Dukung Social Distancing

Drian Bintang

Posted on March 26th 2020

Logo McDonald's di Brazil.

Banyak perusahaan mendukung upaya social distancing atau aktivitas menjaga jarak untuk mencegah penyebaran Coronavirus. Tak hanya perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, tapi juga perusahaan seperti McDonald's (McD). Gerai cepat saji itu mengubah logonya untuk mendukung kampanye positif tersebut.

Sebenarnya tidak banyak yang tahu soal penggantian logo tersebut. Perbincangan terkait logo McD di media sosial itu bermula 20 Maret lalu. Saat itu akun Twitter @creativitymag mengunggah sebuah foto logo McD. Di foto itu terdapat logo McD dengan latar belakang gedung, dan suasana di sebuah kota di malam hari.

Sekilas tidak ada yang aneh dengan gambar tersebut. Namun, ketika dicermati ada yang berbeda dengan logo perusahaan makanan cepat saji asal Amerika Serikat tersebut. Ya, logo M berwarna kuning yang biasa kita lihat itu kini memiliki jarak antara satu sama lain.

Sebelumnya, logo M yang digunakan oleh McDonald's lebih menyerupai burung yang biasa muncul di gambar anak TK ketika menggambar pemandangan gunung. Kini logo tersebut, terlihat seperti dua buah lengkungan yang disejajarkan antara satu sama lain.

Dalam captionnya, Creativity Editors menjelaskan bahwa McDonald's sengaja mengganti logonya untuk menghormati kampanye social distancing. Bahwa, masing-masing orang harus menjaga jarak sekitar 2 meter antara satu sama lain. Untuk menghindari kemungkinan penularan Covid-19 yang kini sudah menjadi pandemi.

Setelah diselidiki, logo tersebut berasal dari salah satu cabang McDonald's yang ada di Brazil. Pengunggahan foto logo tersebut pun mendadak menjadi viral di dunia maya. Beberapa netizen menghargai apa yang dilakukan oleh McDonald's atas kepeduliannya untuk menggalangkan kampanye social distancing. Terutama di gerai mereka yang ada di seluruh dunia.

Tapi dasar netizen, ada juga yang mencemooh niat baik tersebut. Banyak dari mereka yang berpendapat bahwa McDonald's hanya menggunakan penyebaran Coronavirus ini sebagai ajang untuk mendapatkan pelanggan. Beberapa, justru beranggapan tidak seharusnya mereka melakukan kampanye di negara yang karyawannya tidak dibayar sebagai mana mestinya, seperti di Brasil.

Banyaknya komentar yang masuk membuat McDonald's pun harus memberikan pernyataan resmi ke FoxNews. Mereka menjelaskan bahwa kampanye itu murni karena ingin mengingatkan masyarakat tentang social distancing.

Menurut mereka dalam keadaan seperrti ini masyarakat perlu sadar akan pentingnya social distancing. "Sebagai sebuah perusahaan yang berada di lebih dari 120 negara, kami juga ingin membantu masyarakat sekitar ketika dibutuhkan," tulis pernyataan resmi yang diberikan ke Fox oleh McDonald's.

McDonald's juga meminta maaf jika di luar sana niat baik mereka justru berujung kepada kericuhan. Tidak ada sedikit pun niat mereka untuk menaikan pemasaran, atau menambah pengunjung yang datang di kampanye itu. Mereka mengaku kampanye itu murni untuk mendukung gerakan social distancing.

"Kami juga menambah tata cara untuk melakukan social distancing di gerai kami, juga menambah standar kehigienisan kami yang sebelumnya pun sudah tinggi," tulis ComicBook berdasarkan pernyataan resmi McDonald's.(*)

Related Articles
Interest
Pengin McDonald's Tapi Lagi Diet? Beli Lilinnya Aja!

Pop-Sci
Ford - McDonald's Kolaborasi Bikin Headlamp Mobil dari Sekam Kulit Kopi

Pop-Sci
Kenapa Social Distancing Itu Penting?