Interest

Spotify Tambah Fitur Fundraising untuk Para Musisi

Kemara Gumilang

Posted on March 25th 2020


Spotify selama ini menyebut dirinya sebagai sebuah platform atau media untuk kreator. Dengan adanya Spotify, para musisi bisa dimudahkan untuk berkarya, sekalipun mereka tak dinaungi oleh label musik besar.

Nah, menyikapi pandemi Covid-19 ini, Spotify juga mempermudah para kreator untuk terlibat dalam penggalangan dana sosial. Rabu (25/3) kemarin mereka mengumumkan bakal mengizikan kreator untuk menautkan halaman donasi. Entah itu milik pribadi, milik teman, sebuah organisasi atau bahkan yayasan. Mereka yang tertarik harus mendaftarkan diri terlebih dulu.

Menurut theverge, Spotify sebagai platform tidak akan mengambil bagian dari setiap hasil terkumpul. Pihak Spotify juga bermitra dengan berbagai organisasi yang mengumpulkan uang untuk musisi. Termasuk MusiCares, Yayasan PRS, dan Musisi Bantuan.

Seperti kita tahu, pandemi Covid-19 berimbas ke banyak sektor, termasuk sektor hiburan. Para musisi banyak yang merasakan imbasnya. Banyak tur atau konser yang harus dibatalkan. Kondisi ini membuat beberapa platform musik telah dan akan melakukan sesuatu untuk membantu menanggulangi masalah ini.

SoundBetter melepaskan sebagian pendapatannya. Platform rekaman audio berbasis cloud, Soundtrap menawarkan uji coba gratisuntuk para pendidik. Sedangkan Anchor membebaskan biaya pada fitur 'Listener Support'.(*)

Related Articles
Interest
Kebangkitan Situs Streaming di Tengah Pandemi Coronavirus

Interest
Dukung Physical Distancing, Apple Music Luncurkan 'Personalized Playlist'

Interest
Apple Kembali Sumbang 10 Juta Masker untuk Tenaga Medis di AS