Interest

Sering Disebut Saat Darurat, Apa Sih Beda Stay at Home dan Shelter in Place

Dwiwa

Posted on March 25th 2020

Pandemi Covid-19 membuat banyak istilah asing jadi sering terdengar di telinga kita. Jika didengar secara sekilas, istilah-istilah tersebut memiliki arti yang hampir sama. Misalnya saja stay at home dan shelter in place.

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, keduanya kurang lebih memiliki arti berdiam diri di rumah. Tetapi, meskipun sama-sama berdiam diri, ternyata makna dari dua kalimat tersebut sangat berbeda.

Stay at home memiliki makna yang lebih longgar dibanding dengan shelter in place. Tinggal di rumah dalam stay at home dimaknai dengan melarang orang-orang untuk keluar rumah. Meski dilarang keluar rumah, mereka masih diperbolehkan pergi untuk beberapa hal penting seperti bekerja atau belanja kebutuhan untuk obat dan makanan.

Orang-orang juga masih diperbolehkan keluar rumah untuk berolah raga. Restoran masih buka untuk menerima pesanan yang diantar dan dibawa pulang. Hal yang pasti, orang-orang tidak diperbolehkan untuk piknik.

Sementara untuk shelter in place, orang-orang diwajibkan untuk tetap berada di rumah dan tidak boleh keluar sama sekali. Bahkan untuk keperluan yang sangat penting sekalipun, orang-orang tetap harus tinggal di dalam rumah.

Kondisi ini biasanya diterapkan di suatu wilayah yang terkena bencana alam seperti banjir, dan badai yang mengerikan. Selain itu juga dilaksanakan ketika ada ledakan bahan kimia atau adanya baku tembak yang tengah berlangsung.

Di Indonesia sendiri, pemerintah telah mengambil kebijakan agar para warga +62 stay at home sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Sekolah, perkantoran, dan tempat hiburan ditutup.

Kalian hanya diperbolehkan keluar untuk bekerja atau membeli kebutuhan pokok seperti obat dan makanan dengan tetap mengenakan alat pelindung diri. Jika terpaksa harus berada di tempat ramai, jaga jarak setidaknya 1,5 meter untuk mencegah virus korona menular.

Jadi, ingat ya guys, stay at home! Jangan nongkrong, reunian, apalagi piknik. Be a smart people.

Artikel Terkait
Entertainment
Deretan Artis Internasional yang Ikutan Challenge #IStayHomeFor

Interest
Sebut Corona 'Chinese Virus', Lana Condor 'To All the Boys' Kritik Trump

Interest
Mengenal Wisma Atlet yang Disulap Jadi Rumah Sakit Darurat Coronavirus