Sport

Bonek Bergerak Bantu Penanganan Coronavirus

Mainmain.id

Posted on March 25th 2020

(Foto: Dokumentasi Bonek Disaster Response Team)

Suporter setia Persebaya Surabaya, Bonek berada di garda terdepan untuk memerangi wabah coronavirus di Surabaya Raya. Bonek, melalui salah satu backbone-nya, yakni Bonek Disaster Response Team (BDRT27), membantu masyarakat untuk menanggulangi pandemi virus ini.

Sejak pandemi coronavirus mulai masuk ke Indonesia, dan Surabaya, BDRT27 mulai merapatkan barisan. Kemudian mereka membeli bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan disinfektan. Setelah semuanya terkumpul, BDRT27 mulai terjun ke masyarakat sejak Minggu (22/3) kemarin.

"Kami berusaha sebisa mungkin untuk membantu program pemerintah. Seperti penyemprotan disinfektan di tempat-tempat ibadah, panti werdha, sekolah, panti asuhan atau pondok pesantren," cerita Arif Hasan, salah satu koordinator BDRT kepada Mainmain.id, Rabu (25/30 siang.

"Kami juga menggelar berbagai sosialisasi, seperti menjaga kebersihan dan mencuci tangan yang benar. Kami juga mengajarkan cara pembuatan disinfektan kepada warga. Jadi warga bisa melakukan itu sendiri di rumahnya masing-masing," imbuh Arif.

BDRT27 juga membuka hotline kepada masyarakat yang ingin wilayah tempat tinggalnya disemprot disinfektan. Sejauh ini konsentrasinya masih di sekitar Surabaya, dan beberapa wilayah di utara Sidoarjo. "Sebab kami juga mengalami keterbatasan tenaga dan stok disinfektan," jelas Arif.

Arif menambahkan, jika ada masyarakat yang ingin berpartisipasi, bantuan bisa diserahkan ke Warkop Pitulikur. "Stok disinfektan dan ADP kami mulai menipis, sedangkan permintaan mulai banyak. Jika ada warga atau teman-teman Bonek yang mau membantu, kami sangat berterima kasih," tutur Arif.

Bagian dari Green Nord 27
BDRT27 merupakan salah satu divisi dari Green Nord 27. Lahir dua tahun lalu, BDRT27 bergerak di bidang kemanusiaan, sosial, dan penanggulangan bencana. Mereka juga mendapatkan dukungan dari BASARNAS. "Jadi jika ada bencana, kami akan mengirim teman-teman yang bisa dan bersedia ikut membantu," ungkapnya.

Selain siap diterjunkan dalam bercana alam, BDRT27 selalu siaga ketika Persebaya bertanding. Utamanya di laga kandang. BDRT27 stand by di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) untuk membantu teman-teman Bonek yang sakit atau kurang sehat.

BDRT27 terdiri dari berbagai komponen. Ada dokter, tim medis, relawan SAR, dan para ahli di bidang lainnya. Kini mereka menghadapi 'lawan' baru, yakni coronavirus. "Kami sebisa mungkin membantu program pemerintah untuk melawan coronavirus," tegas Arif.


Open Donasi

Apabila Bonek, rekan-rekan suporter, atau masyarakat ingin mendukung aksi BDRT27, bantuan bisa disalurkan Warkop Pitulikur, Jl. Bagong Tambangan Nomor 32, Surabaya. Sementara jika ingin menyalurkan bantuan berupa uang tunai, dapat menghubungi akun Instagram BDRT27, @bdrt.27.

Kemudian dagi warga atau pengurus rumah ibadah, sekolah, dan panti jompo yang ingin tempatnya dilakukan penyemprotan cairan disinfektan, bisa menghubungi nomor 081703570771 untuk pendataan dan tindakan lebih lanjut. Penyemprotan ini tidak dipungut biaya. Alias GRATIS.(*)

Related Articles
Sport
Presiden UEFA Umumkan Musim Akan Berakhir Dengan Satu Syarat

Sport
3 Hal Penting di Balik Sejarah Panjang Pertemuan Persebaya vs Persis Solo

Sport
Pemain NBA yang Pertama Positif Covid-19 Ini Telah Sembuh