Pop-Sci

Minecraft Sediakan Konten Edukasi Gratis

Ahmad Redho Nugraha

Posted on March 25th 2020

Tidak hanya Amazon yang menawarkan kebaikan selama pandemi COVID-19, Microsoft juga. Mereka merilis beberapa konten edukasi gratis yang bisa diperoleh lewat Minecraft Marketplace.

Kepala Divisi Microsoft’s Xbox, Phil Spencer baru-baru ini mengumumkan kepada komunitas Minecraft bahwa Xbox baru saja merilis konten kategori pendidikan terbaru di marketplace-nya, yang didesain untuk mendampingi pelajar-pelajar sekolah yang sekarang sedang dirumahkan sementara.

“Kita sekarang hidup dalam kondisi yang belum pernah kita alami sebelumnya”, tulis Spencer. “Pandemi COVID-19 berdampak pada kehidupan semua orang di dunia dan mengubah cara kita menjalani hidup sehari-hari. Kami, Microsoft, secara konsisten memikirkan apa yang bisa kami lakukan untuk mendukung semua orang di saat-saat yang genting seperti sekarang.”

Dengan konten pendidikan baru yang dirilis Minecraft, para pemain Minecraft dapat mengeksplorasi Stasiun Luar Angkasa Nasional NASA, mengunjungi landmark Washington D.C., mengumpulkan dan membangun bidang 3D dan mempelajari bagaimana pekerjaan seorang marine biologist. Spencer membeberkan bahwa semua konten itu—dan konten lainnya yang akan menyusul—akan terus dapat diakses hingga 30 Juni mendatang.

Menurut Spencer, permainan seperti Minecraft memang dibutuhkan masyarakat dunia saat ini demi meredakan perasaan stres selama masa isolasi diri akibat virus korona. “Tim kami bekerja dengan tekun untuk memastikan bahwa kami akan selalu ada untuk para pemain”, tambahnya.  

Karantina diri yang dilakukan penduduk dunia saat ini memang menimbulkan perasaan stres, bahkan depresi, terutama karena ruang untuk bersosialisasi bagi semua orang menjadi sangat terbatas. Berbagai event yang tadinya akan digelar secara fisik pun dibatalkan, atau dialihkan menjadi event daring jika memungkinkan, termasuk event turnamen esports seperti Overwatch League.

Permainan daring memang dilirik sebagai solusi favorit bagi masyarakat dunia untuk membunuh perasaan stres.

Kalau kamu, game apa yang kamu mainkan untuk mengatasi stres selama masa karantina diri, Sob?

 

 

Related Articles
Pop-Sci
Internet Archive Bebaskan Masa Tunggu untuk Peminjaman 1,4 Juta Ebook Mereka

Pop-Sci
Dukung Penanganan Covid-19, Pabrik Tesla di Buffalo Kembali Produksi Ventilator

Pop-Sci
Pemilik Mesin Cetak 3D Bersatu Bikin Face Shield Gratis untuk Tenaga Medis