Entertainment

Ketika Para Artis Harus Tetap Eksis di Tengah Pandemi Covid-19

Ardhea Citra

Posted on March 25th 2020

Saat klub, bar, dan beberapa tempat lain di Amerika Serikat tutup akibat pandemi Covid-19, para artis dari berbagai bidang dihadapkan dengan kemerosotan serta ketidakpastian penghasilan karirnya. Kepepet membuat orang kreatif. Mereka pun mengadakan pertunjukan secara online.

Saat New York menjadi pusat penyebaran virus korona pekan lalu, Cat Cohen menjadi salah satu komedian yang pertama berpindah tempat. Biasanya, dia melakukan pertunjukan di Club Cumming, tempat kecil di East Village milik aktor Alan Cumming. Kali ini dia menyulap ruang tamunya sebagai panggung dadakan. Lantas tampil dan disiarkan melalui Live Instagram.

“Aku sudah biasa melakukan pertunjukan setiap Rabu. Ini adalah jangkar dalam hidup saya,” katanya.

Dalam penampilannya, Cohen adalah seorang yang glamor, tapi dalam kehidupan nyatanya, dia adalah sosok yang jujur dan tenang melihat dampak Covid-19 terhadap pekerjaannya.

“Semua tanggal pertunjukan saya yang sudah diatur untuk beberapa bulan kedepan telah dibatalkan atau ditunda,” kata Cohen. Dia telah merencanakan tur ke Australia, dan itu juga dibatalkan. Satu-satunya pilihan terbaiknya saat ini adalah beralih ke online untuk menarik penggemar baru.

“Saya harap sebanyak mungkin orang bisa mendengarkan. Termasuk orang-orang yang tidak tinggal di New York dan tidak bisa melihat pertunjukan seperti ini. Setidaknya, ini kesempatan untuk terhubung dengan mereka.”

Para pemain dari Magnet Theater juga melakukan pekerjaan mereka secara digital, yaitu melakukan siaran langsung via Twich.

“Semua yang kami lakukan ini secara langsung, dengan bertatap muka, jadi semuanya benar-benar harus dibatalkan,” kata instruktur sekaligus pemain Megan Gray. “Kami punya komunitas yang sangat kuat, dan kami berusaha untuk menjaga itu bersama-sama dengan melakukan pertunjukan online.” Sementara pertunjukan ini gratis, Magnet juga sekaligus menjual tiket untuk menggalang dana untuk theater yang sedang ditutup.

Sebuah efek tak terduga dari artis yang berpindah ke media digital adalah jangkauan mereka capat meluas. Banyak orang dari segala penjuru dunia dapat bergabung juga. “Tidak hanya New York yang dapat kami jangkau,” kata Gray. “Cakupannya jauh lebih luas.”

Sayangnya, beberapa komika masih ada yang belum sadar pentingnya social distancing. “Masih ada dari mereka yang open mic, bukan di Instagram, tapi secara langsung,” kata Andrew Levy, seorang fotografer LA.

Para DJ juga beralih ke media online untuk mengatasi pecahnya dunia malam. Pekan lalu, sebuah klub di Bushwick, Brooklyn, menjadi tuan rumah sebuah acara di Twich, dimana masing-masing pemain secara bergantian melakukan rekaman di ruangan kosong, mendisinfeksi peralatan dan memakai handsanitizer.

DJ-DJ lain juga bisa melakukan show tanpa harus meninggalkan rumahnya. “Begitu semua pertunjukan saya dibatalkan minggu lalu, saya membeli beberapa perangkat di Amazon yang disebut iRig yang memungkinkan saya untuk menyalurkan musik langsung dari mixer ke telepon," kata DJ Louie XIV.

Dia membuat Stay in the House Party. Acara ini sekaligus menjadi acara amal. "Aku hanya berusaha membawa sekelompok orang yang cemas dan takut, termasuk diriku, ke kegembiraan." Dia membuat pesta tersebut Jumat besok dan menyiarkannnya via Live Instagram. DJ Louie XIV akan memutarkan musik di rumahnya dan meminta orang-orang nge-dance di ruang tamu masing-masing.

Drag queen juga terpaksa bekerja di dunia maya. "Saya benar-benar harus berinvestasi dalam teknologi, dalam melakukan VR, kau tahu? Tetapi saya selalu berpikir bahwa kehadiran kami adalah yang terpenting, ”kata Forevermore, seorang drag queen di San Francisco.

Forevermore memiliki banyak pekerjaan. Selain karirnya sebagai drag queen, dia adalah freelance koreografer, produser pesta, promotor pertunjukan, dan pemilik sekaligus pekerja di Stud. Kini semuanya terancam kukut. “Semua pekerjaan saya benar-benar terkena dampak coronavirus,” katanya.

Tidak ada yang tahu kapan pandemi Covid-19 ini kan berakhir. Namun ditengah kegelisahan akan apa yang terjadi di masa datang, beberapa pertunjukan ini menawarkan kesenangan yang sementara.

Related Articles
Entertainment
TikTok Luncurkan Celebrity-Hosted, Livestream Para Seleb Hingga WHO

Entertainment
#StayAtHome, Intip Serunya Live Instagram Shawn Mendes dan Camila Cabello!

Entertainment
Beri Info Soal Coronavirus Lewat Parodi Lagu 'Coronavirus Rhapsody'